Pentingnya perpustakaan sekolah sudah disadari banyak pihak. Perpustakaan Sekolahmerupakan bagian penting dalam proses pembelajaran di sekolah, terutama dalam Kurikulum 2013 dimana guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar. Di perpustakaan sekolahsiswa dapat mempelajari tema-tema atau materi pelajaran serta hal-hal yang menarik minatnya secara mandiri melalui buku dan sumber informasi lainnya. Namun, pada pelaksanaannya belum semua sekolah memiliki perpustakaan yang baik. Untuk sekolah yang telah memiliki perpustakaan,belum semuanya memiliki koleksi dan sarana prasara yang sesuai standar dan belum semua perpustakaan sekolah dikelola oleh tenaga perpustakaan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai persyaratan.
Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI (Prodi IP FTI UY) memandang perlu adanya upaya peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat dengan memberik pelatihan yang menunjang kompetensi tenaga perpustakaan sekolah.Oleh sebab itu, Prodi IP FTI UY, dalam hal ini diwakili oleh Koordintaor bidang Pengabdian Masyarakat, Ibu Indah Kurnianingsih,S.I.P, MP,bekerja sama dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI), melalui ketua Pengurus Daerah (PD) ATPUSI DKI Jakarta,Ibu Partinah, S.Pd,menyelenggarakan pelatihan Pengelolaan Informasi untuk Perpustakaan Sekolah dan Pengembangan Program Literasi di tingkat Sekolah Dasar.
Pelatihan Pengelolaan Informasi untuk Perpustakaan Sekolah dan Pengembangan Program Literasi di tingkat Sekolah Dasar berlangsung selama 2 hari yakni Jumat-Sabtu , 7-8 Februari 2020 di Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI dengan jumlah peserta dari 22 sekolah.Pada hari pertama, pemberian materi terdiri dariStandar Nasional Perpustakaan Sekolah SD yang disampaikan oleh Bapak M.Ihsanudin, M.Hum selaku Ketua Umum ATPUSI, dilanjutkan pemberian materiKlasifikasi dan Katalogisasi yang berbasis teknologi informasi disampaikan oleh Ibu Rosini, SS, MP,dan Bp. Danang Dwijo Kangko, S.Hum, MP.Materi di hari pertama, ditujukan agar peserta memperoleh gambaran dalam pengolahan organisasi informasi di perpustakaan sekolah.Selain itu pada sesi tersebut dikenalkan pula aplikasi SLiMS(Senayan Library Information Management System) dan SchILS (School Integrated Library System) yang dapat menunjang pengelolaan informasi di perpustakaan yang berbasis teknologi informasi sehingga peserta mampu mempraktikkan bagaimana membuat katalog elektronik. Untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap kegiatan pelatihan, para narasumber didampingi para fasilitator pendamping yang juga merupakan mahasiswa Prodi IP FTI UY.
Berikutnya pada hari kedua, materi terdiri dari Pengenalan Kegiatan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah SD oleh Dra M.I. Eko Wiyanti, MSi, serta program keterampilan membaca di tingkat SD oleh Huzer Apriansyah, S.IP. Kedua materi tersebut diharapkan dapat meningkatkan program pengembangan literasi di tingkat sekolah.Jumlah total peserta yang mengikuti kegiatan yakni 40 peserta yang berasal dari berbagai sekolah di Jabodetabek.
Kegiatan ini sekaligussekaligus menjadi realisasi program kerja MoU anatara Fakultas teknologi Informasi Universitas YARSI dengan ATPUSI.Dukungan dari berbagai pihak sangat membantu terlaksananya kegiatan berjalan dengan lancar. Diantaranya berasal dari Rektor Univeristas YARSI, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dr. Ummi Azizah Rachmawati,M.Kom, serta Kepala Program Studi IP FTI, Ibu Nita Ismayati,S.IP, M.Hum.Selain itu dukungan juga diberikan dari pihak luar yakniLotte Scholaship Foundation yang telahmemberikan hibah dana dalam pembiayaan kegiatan pelatihan tersebut. Seluruh peserta berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan agar para tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia semakin berkuaitas dalam mengelola perpustakaan sekolahnya masing-masing.
“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”