Peningkatan kualitas pembelajaran (PELITA) merupakan program rutin Direktorat PJJ bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan belajar asinkronus dan andragogi baru. Program ini memberikan dampak positif bagi dosen dan mahasiswa, serta keperluan administratif. Bagi dosen, program ini akan memudahkan mereka dalam menjalani tugas akademiknya, serta mendesain kegiatan yang membangun regulasi dan karakter positif pada mahasiswa.
Output PELITA diantaranya:
1. Pengimplementasian RPS andragogi baru oleh mentee;
2. Migrasi RPS ke LAYAR; dan
3. Sharing Session
Direktorat PJJ hingga saat ini sudah secara konsisten menyelenggakan program PELITA sebanyak empat kali. melibatkan dosen – dosen Prodi S1 non kedokteran dan yang menarik lagi dosen Pasca sarjana untuk pertama kalinya dalam terlibat dalam program ini. Selain itu pada PELITA IV ini pembaharuan RPS telah disesuaikan dengan kebutuhan FIBAA. Pada akhir kegiatan PELITA akan dilaksanakan kegiatan Sharing Session oleh para dosen yang menjadi peserta PELITA.
Program Studi | Jumlah Dosen Peserta PELITA | Total Dosen | Presentase |
---|---|---|---|
Akuntasi | 6 | 16 | 37% |
Manajemen | 10 | 28 | 38% |
Teknik Informatika | 11 | 21 | 53% |
Perpustakan dan Sains Informasi | 6 | 11 | 54% |
Psikologi | 8 | 23 | 34% |
Ilmu Hukum | 5 | 17 | 29% |
Pascasarjana non-Kedokteran | 2 | 16 | 13% |
Total | 48 | 132 | 37% |
Sekarang sudah bukan zamannya dosen fokus ceramah di depan kelas. Kini juga bukan saatnya memusatkan kegiatan belajar pada pertemuan sinkronus. Sekarang adalah zamannya untuk seperti dosen-dosen yang inspiratif! Direktorat Pembelajaran Jarak Jauh dengan bangga memperkenalkan para dosen inspiratif yang membuat desain pembelajaran berbasis pada mahasiswa dalam program Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PELITA).
Terkenal dengan #pintarItuPilihan, dosen dari Program Studi Teknik Informatika senang sekali membuat kegiatan belajar yang anti-mainstream. Pada PELITA I, Pak Andreas berusaha mengganti UTS dan UAS di mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman dengan kesempatan untuk pameran, yang beliau sebut dengan nama Unjuk Kemampuan. “Mahasiswa butuh kesempatan untuk memamerkan keterampilannya – bahwa mereka kompeten,” ujar beliau. Agar mimpi tersebut terwujud, Pak Andreas menyediakan 12 Tugas Mandiri, 21 Latihan Teori, dan 19 Praktikum, yang semuanya dapat diselesaikan sampai semester berakhir. Strategi yang beliau pilih secara lantang berteriak: kamu akan bisa ngoding, jalan menuju kompeten ngoding sudah dibuka, tinggal kamu mau berusaha atau tidak?!
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Andreas Febrian, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Teknik Informatika
Siapa yang tidak kenal Pak Elan Suherlan? Dosen dari Program Studi Teknik Informatika ini selalu berusaha mendidik mahasiswanya menjadi manusia yang hakiki dengan sepenuh hati. Pada PELITA I, beliau memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Matematika Diskrit 2 untuk semester Genap 2020/2021. Pak Elan ingin mahasiswanya bisa naik level lebih cepat. Agar mimpi tersebut dapat tercapai, beliau memaksimalkan kegiatan asinkronus dengan penilaian otomatis untuk kuis dan tugas; umpan balik yang cepat dapat membantu mahasiswa memperbaiki pemahaman mereka. Selain itu, Pak Elan meminta mahasiswa untuk melakukan refleksi, namun dengan menggunakan peta konsep, yang jika dilakukan dengan baik, dapat membantu mahasiswa melihat hubungan semua konsep yang diangkat dalam mata kuliah.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Elan Suherlan, S.Si., M.Si.
Teknik Informatika
Kolaborasi antara Bu Herika dan Bu Nurmaya pada mata kuliah Basis Data 1 untuk semester Genap 2020/2021 merupakan hal yang fenomenal karena mereka berdua sama-sama meninggalkan gaya teacher-centered. Perubahan filosofi pembelajaran berdampak besar pada perubahan desain instruksional. Pada PELITA I, mereka memutuskan untuk menggunakan kegiatan belajar yang lebih partisipatif, seperti design case study, peer evaluation, pair programming, dan refleksi dengan memanfaatkan concept map. Mereka menyadari dengan student-centered learning, mereka tetap bisa mendidik dengan sepenuh hati, walau butuh tenaga lebih untuk menyesuaikan mindset dan menyiapkan berbagai kegiatan belajar.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Herika Hayurani, S.Kom., M.Kom.
Teknik Informatika
Kolaborasi antara Bu Herika dan Bu Nurmaya pada mata kuliah Basis Data 1 untuk semester Genap 2020/2021 merupakan hal yang fenomenal karena mereka berdua sama-sama meninggalkan gaya teacher-centered. Perubahan filosofi pembelajaran berdampak besar pada perubahan desain instruksional. Pada PELITA I, mereka memutuskan untuk menggunakan kegiatan belajar yang lebih partisipatif, seperti design case study, peer evaluation, pair programming, dan refleksi dengan memanfaatkan concept map. Mereka menyadari dengan student-centered learning, mereka tetap bisa mendidik dengan sepenuh hati, walau butuh tenaga lebih untuk menyesuaikan mindset dan menyiapkan berbagai kegiatan belajar.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Nurmaya, S.Kom., M.Eng.
Teknik Informatika
Salah satu dosen muda di Program Studi Teknik Informatika, Pak Fatur, melalui PELITA I, memperbaiki desain mata kuliah Data Mining untuk Semester Genap 2020/2021. Fokus perbaikan beliau adalah pada proyek akhir. Pak Fathur ingin mahasiswa mampu menyusun proposal dan laporan proyek penambangan data, dengan potensi diajukan pada berbagai program, seperti Program Kreativitas Mahasiswa untuk Bidang AI, KC, Penelitian; GEMASTIK; atau publikasi di jurnal. Pak Fathur melatih mahasiswa untuk membuat pilihan pintar dengan adanya case study yang variatif pada setiap pertemuan. Pak Fathur berusaha mengembangkan kemampian partisipatif dan tanggung jawab melalui refleksi yang wajib dikerjakan.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Muhamad Fathurahman, S.Kom., M.Kom.
Teknik Informatika
Terkenal sebagai dosen Program Studi Psikologi yang lemah lembut, Bu Ade pada PELITA I memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Psikologi Sekolah untuk Semester Genap 2020/2021. Beliau ingin mahasiswa dapat secara ekspansif mengeksplorasi peran dan tantangan Psikolog Sekolah melalui studi jurnal dan dialog langsung dengan praktisi di lapangan. Agar kedalaman pemahaman yang beliau inginkan dapat tercapai, Bu Ade memanfaatkan kegiatan refleksi, tugas, dan kuis.
Bu Ade percaya bahwa usaha mandiri mahasiswa menentukan prestasi belajar mereka oleh karena itu Bu Ade membuat kegiatan case study individu dan group proyek (i.e., bedah jurnal dan wawancara psikolog)
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Dr. Ade Nursanti, M.Ed., B.H.Sc.
Psikologi
Terkenal sebagai dosen yang tidak ragu dalam membuat gebrakan dalam pembelajaran agama Islam, membuat banyak perubahan pada mata kuliah Agama 2 (Taharah) untuk Semester Genap 2020/2021. Dosen muda dari Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi ini, pada PELITA I memodifikasi banyak hal dalam mata kuliah tersebut, termasuk cakupan materi, metode penyampaian, optimalisasi kegiatan asinkronus, serta peran asisten, sehingga kuliah agama tidak lagi hanya identik dengan hafalan surah.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Aya Yahya Maulana, M.H., L.c.
Perpustakaan dan Sains Informasi
Inovasi pembelajaran melalui pengalaman nyata, inilah semangat yang dibawa oleh Pak Danang pada kegiatan PELITA I. Dosen dari Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi ini memodifikasi pembelajaran mata kuliah Otomisasi Perpustakaan untuk semester Genap 2020/2021, dengan menggandeng beberapa perpustakaan dan dan taman bacaan masyarakat untuk mengotomatisasi layanan perpustakaan — proyek yang harus diselesaikan oleh mahasiswanya. Agar dikerjakan secara sistematis, beliau meminta mahasiswa untuk membuat proposal, kontrak, dokumentasi visual pelaksanaan proyek, dan laporan akhir kegiatan. Pak Danang juga mempertimbangkan dinamika kelompok dalam pengerjaan proyek, baik dari sisi waktu, prioritas, maupun sosial, yang membuatnya memasukkan komponen penilaian rekan sejawat dan mitra, serta denda (i.e., dalam bentuk potongan poin sikap) untuk setiap keterlambatan.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Danang Dwijo Kangko, S.Hum., M.P.
Perpustakaan dan Sains Informasi
“Mau belajar saham dan investasi lainnya? Ya, belajar dengan Pak Ananta, dong!” – seperti itulah asosiasi yang ada di kepala mahasiswa dari Program Studi Manajemen tentang beliau. Pada PELITA I, Pak Ananta memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Portofolio dan Manajemen Investasi untuk Semester Genap 2020/2021 melalui bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia. Beliau mendesain kegiatan belajar berbasis proyek di mana mahasiswa harus berinvestasi dan membuat laporan portofolio dari saham yang mereka pilih.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Ananta Hagabean, S.E., M.B.A.
Manajemen
“Nikmati prosesnya” adalah mantra yang selalu disebarkan oleh dosen dari Program Studi Manajemen di semua mata kuliahnya, agar mahasiswa tidak terlalu berfokus pada nilai, namun pada membangung kompetensi mereka. Pada PELITA I, Bu Penny memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Staistika Bisnis untuk semester genap 2020/2021. Beliau mengintegrasikan komponen RPS, menetapkan tujuan untuk setiap sub topik, dan memastikan pencapaiannya. Beliau membantu mahasiswa untuk mengukur keterampilan mereka secara mandiri melalui kombinasi kuis mingguan dan proyek.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Penny Rahmah Fadhilah, S.E., M.Si.
Manajemen
Terkenal dengan gaya mengajarnya yang santai, Pak Kukuh pada PELITA I memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Sosiologi Hukum untuk Semester Genap 2020/2021. Dosen Program Studi Ilmu Hukum ini mengambil langkah progresif dengan menggantikan penilaian sumatif (i.e., ujian) dengan kegiatan belajar lain, yang menunjukkan komitmennya untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih berorientasi pada proses. Beliau juga meningkatkan kemampuan analisis dan penulisan mahasiswa melalui berbagai tugas dan kegiatan belajar.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Kukuh Fadli Prasetyo, S.H., S.E., M.H.
Hukum
Dulu beliau hanya fokus pada metode ceramah, kini dosen Program Studi Teknik Informatika berfokus pada proses belajar yang dilakukan oleh mahasiswanya. Pada PELITA II, Bu Puji mengubah desain pembelajaran mata kuliah Dasar-Dasar Jaringan 1 untuk Semester Ganjil 2021/2022. Beliau menyediakan banyak tugas dan kuis mandiri baru, yang dapat dikerjakan berulang kali oleh mahasiswanya.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Sri Puji Utami, S.T., M.T.
Teknik Informatika
Pada PELITA II, dosen Prodi Teknik Informatika ini meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer untuk semester Ganjil 2021/2022. Pak Sabiq ingin mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis mereka secara mandiri. Beliau mendesain beberapa kegiatan belajar menggunakan mind mapping, aktivitas case-based, dan project-based.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Ahmad Sabiq, S.Kom., M.Kom.
Teknik Informatika
Dosen Prodi Psikologi ini, pada PELITA II memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Metode Observasi dan Wawancara untuk semester Ganjil 2021/2022. Bu Entin ingin mahasiswanya dapat mengembangkan keterampilan observasi dan wawancara secara mandiri melalui praktik langsung di berbagai setting psikologi.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Dr. Entin Nurhayati, S.Psi., M.Si.
Psikologi
Terkenal sebagai dosen yang melek isu sosial, dosen Program Studi Psikologi ini ingin mahasiswanya terampil mngeksplorasi dan menganalisis berbagai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Pada PELITA I, Pak Johan memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Analisis Isu Sosial untuk semester Ganjil 2021/2022. Beliau membuat kegiatan studi kasus, presentasi, dan umpan balik dari rekan sejawat.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Johan Satria Putra, S.Psi., M.A.
Psikologi
Terkenal dengan keramahannnya, dosen Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi ingin membuat kegiatan belajar yang lebih dinamis dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik mahasiswanya. Pada PELITA II, Bu Elfitri memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Literasi Informasi dan Media 2. Beliau memastikan setiap pertemuan dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa, khususnya dalam literasi informasi dan media.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Elfitri Kurnia Erza, M.I.Kom., S.IIP.
Perputakaan dan Sains Informasi
Pak Hendra, dosen Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, pada PELITA II memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Dasar-dasar Teknologi Informasi untuk Semester Ganjil 2021/2022. Dalam desainnya, melalui project-based, beliau mendorong mahasiswa untuk mengasah keterampilan observasi, implementasi, dan evaluasi terhadap kebutuhan dasar perpustakaan terhadap teknologi komputer. Tidak hanya itu, beliau melibatkan mahasiswa dalam peran sebagai konsultan dan analis. Yang menarik, penilaian proyek ini diakui setara dengan UAS. Ini adalah langkah luar biasa yang memberi nilai tambah bagi pengalaman belajar mahasiswa.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Hendra Wicaksono Sukowati, M.Hum.
Perpustakaan dan Sains Informasi
Terkenal dengan ketegasan dan disiplinnya, dosen sekaligus Kepala Program Studi Manajemen ini ingin mahasiswanya belajar dari kasus-kasus terkini serta berpengalaman dalam mengambil dan memanfaatkan data real time. Pada PELITA II, Bu Alyta mengubah desain pembelajaran mata kuliah Peranggaran Perusahaan untuk Semester Ganjil 2021/2022 dengan mengolaborasikan konsep studi kasus-waktu-sikap. Beliau memanfaatkan studi kasus tersebut untuk melatih mahasiswa menganalisa dan menyajikan data keuangan.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Alyta Shabrina Zusryn, S.P., M.Sc.
Manajemen
Belajar itu tidak selalu harus dari buku, tapi dari mana saja — inilah pola pikir yang ingin ditanamkan oleh dosen cantik dari Program Studi Manajemen. Pada PELITA II, Bu Lily memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Perilaku Organisasi untuk Semester Ganjil 2021/2022 dengan berbagai kegiatan belajar inovatif. Pada beberapa kegiatan belajarnya, beliau meminta mahasiswa untuk menonton film dan melakukan observasi manusia agar mereka dapat memahami perilaku organisasi dengan lebih baik. Kedua kegiatan tersebut tidak berhenti sampai di sana, Bu Lily meminta mahasiswanya memanfaatkan hasil pengamatan mereka dalam pengerjaan proyek, yang merupakan pengganti UAS.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Lily Deviastri, S.E., MIB.
Manajemen
Dosen Program Studi Ilmu Hukum ini ingin mahasiswanya memiliki kemampuan berargumentasi serta berfikir secara logis, kreatif, sistematis, dan inovatif. Pada PELITA II, Bu Liza memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Hukum Agraria untuk Semester Ganjil 2021/2022 dengan menambahkan kegiatan eksplorasi kasus-kasus untuk dianalisis serta kemudian dipresentasikan.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Dr, Liza Evita S.H., M.Hum.
Hukum
Pada PELITA II, dosen Program Studi Ilmu Hukum ini memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Hukum Jaminan untuk Semester Ganjil 2021/2022. Perbaikan yang dilakukan Ibu Fajri di mulai dari diberikannya wadah untuk merumuskan sebuah ide secara logis, kritis, dan argumentatif hingga menyusun hasil analisis dari putusan pengadilan secara relevan.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Dr. Nurul Fajri Chikmawati, SH. M. Hum.
Hukum
Pada PELITA II, dosen Program Studi Ilmu Akuntansi mengubah desain pembelajaran mata kuliah Akuntansi Biaya untuk Semester Ganjil 2021/2022. Bu Imelda ingin mahasiswa memiliki pahaman dasar yang melekat tentang akuntansi biaya melalui soal latihan dan project-based. Agar mahasiswa semakin bangga dengan hasil pekerjaannya, beliau meminta mahasiswa untuk mengunggah video presentasi mereka ke YouTube.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Imelda Sari, S.E., M.Si.
Akuntasi
Sebagai dosen muda Program Studi Akuntansi, bu Nida bersemangat dalam membuat desain pembelajaran yang lebih komprehensi dan ramah jarak jauh pada mata kuliah Perpajakan untuk semester Ganjil 2021/2022. Pada PELITA II, beliau ingin mahasiswanya memiliki konsep yang kuat dan dapat memraktikan perhitungan perpajakan yang kontinu sehingga akan sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Nida Nadya Hasan, S.E., M.S.Ak.
Akuntasi
Terkenal sebagai dosen yang mendorong mahasiswanya berpikir kritis, dosen dari Program Studi Psikologi ini ingin mahasiswanya dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis secara mandiri melalui kegiatan studi kasus. Pada PELITA III, Bu Melok mewujudkan impi tersebut dengan memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Psikologi Klinis dan Psikopatologi untuk semester Ganjil 2022/2023. Beliau mengkombinasikan studi kasus dengan kuis pada awal dan akhir perkuliahan, yang kemudian dimanfaatkan untuk melatih mahasiswa menemukan insight dari pengalaman belajarnya.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Dr. Melok Roro Kinanthi, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
Psikologi
Terkenal sebagai dosen yang disiplin, dosen Program Studi Psikologi ini ingin memperkuat kemampuan berpikir kritis dan manajemen waktu mahasiswa. Mimpi Bu Inka dituangkan dalam desain pembelajaran mata kuliah Pengembangan Diri dan Karier untuk semester Ganjil 2022/2023 pada PELITA III. Melalui pendekatan student-centered learning, beliau melatih mahasiswa mengenali pilihan karier melalui studi kasus dan refleksi diri. Hal tersebut memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan diri mahasiswa di masa depan.
Fitri Arlinkasari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog.
Psikologi
Identik dengan psikologi kesehatan, dosen Program Studi Psikologi ini ingin mengimplementasikan pendekatan experiental learning pada mata kuliah yang beliau ampu. Keinginan tersebut terwujud pada PELITA III, di mana Bu Zulfa memperbaiki mata kuliah Psikologi Kesehatan dan Aplikasinya untuk semester Ganjil 2022/2023. Beliau mendorong mahasiswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui diskusi kelompok, refleksi, dan proyek sosial. Kombinasi strategi tersebut tidak hanya membantu mahasiswa mencapai potensinya, namun juga dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Zulfa Febriani, S.Psi., M,Psi., Psikolog.
Psikologi
Dosen muda dari Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi ini selalu berdedikasi dalam setiap pekerjaan yang beliau lakukan. Pak Ario percaya bahwa kesuksesan dapat dicapai melalui usaha dan kerja keras. Semangat itulah yang beliau tuangkan ketika memodifikasi desain mata kuliah Kemas Ulang dan Pemasaran untuk semester Ganjil 2022/2023, pada kegiatan PELITA III. Beliau meminta mahasiswa untuk menyelesaikan dua proyek kreatif, yaitu: merencanakan penyajian karya kemas ulang informasi; dan menghasilkan produk kemas ulang informasi.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Ario Adi Prakoso, S.Hum., M.A.
Perpustakaan dan Sains Informasi
Pak Heri adalah dosen Bahasa Indonesia yang ditugaskan di Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi. Pada PELITA III, beliau mengubah desain pembelajaran pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia dengan menekankan keseruan dan kepekaan terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar. Fokus perhatiannya adalah pada analisis kalimat, menulis, dan penyuntingan, memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan berarti bagi mahasiswa. Langkah inovatif ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Heri Samtani, S. Pd., M.Hum.
Perputakaan dan Sains Informasi
Dosen Program Studi Manajemen ini mengubah desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran II untuk semester Ganjil 2022/2023. Pak Andika ingin menggarisbawahi pentingnya konsep pemasaran yang dinamis. Beliau membimbing mahasiswa untuk memahami bahwa pemasaran tidak terbatas pada konteks tertentu, tetapi dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang dan situasi. Pendekatan ini tidak hanya memberikan wawasan yang luas bagi mahasiswa, tetapi juga membantu mereka memahami relevansi dan fleksibilitas konsep pemasaran dalam dunia nyata. Langkah ini menginspirasi mahasiswa untuk berpikir lebih luas dan kreatif dalam menerapkan ilmu pemasaran dalam karier mereka nanti.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Andika Nuraga Budiman, S.E., M.Buss.
Manajemen
Pada PELITA III, dosen Program Studi Manajemen ini memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi untuk semester Ganjil 2022/2023. Bu Ely menginspirasi mahasiswa dengan membangun kesadaran akan pentingnya proses belajar sebagai bagian dari ibadah.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Ely Nurhayati, S.Pd., M.Si.
Manajemen
Pada PELITA III, dosen Program Studi Manajemen ini memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran II untuk semester Ganjil 2022/2023. Bu Intan melatih mahasiswa melalui kegiatan diskusi, analisis video, dan tugas kelompok untuk meningkatkan kemampuan perencanaan, pengambilan keputusan, evaluasi, dan peningkatan strategi baruan pemasaran.
Intan Tri Annisa, S.E., M.Sc.
Manajemen
Dosen Program Studi Manajemen ini pada PELITA III memodifikasi desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Bisnis untuk semester Ganjil 2022/2023. Pak Rofi’i membentuk pemahaman mahasiswa tentang Manajemen dan Bisnis melalui diskusi dan tugas kelompok. Fokus pada penguatan dalam landasan pengetahuan yang kokoh membantu mahasiswa menghadapi dunia bisnis yang kompleks.
Muhammad Rofi’I, S.E.I., M.Sc.
Manajemen
Sebagai dosen baru di Program Studi Akuntansi, Pak Randhy dalam PELITA III memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Keuangan untuk semester Ganjil 2022/2023. Beliau membangkitkan rasa ingin tahu mahasiswa dan kemampuan pemecahan masalah melalui pertanyaan-pertanyaan kritis. Selain itu, beliau mendorong mahasiswa untuk menjadi kompeten dalam memberikan umpan balik melalui berbagai studi kasus.
Lihat video tentang filosofi dan inovasi beliau di sini.
Randhy Nugroho, S.E., M.Sc.
Akuntasi
Dosen dari Program Studi Akuntansi ini selalu ingin berkembang. Pada PELITA III, Bu Auliffi memperbaiki desain mata kuliah Auditing 1 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis mahasiswa. Pemahaman mahasiswa diuji secara berkala dengan menggunakan tugas individu dan kelompok. FGD menjadi tools yang dimanfaatkan oleh beliau untuk melatih kemampuan auditing mahasiswa. Melalui model pembelajaran kooperatif, mahasiswa didorong secara mandiri untuk memanfaatkan sumber yang diberikan.
Auliffi Ermian Chaleen, S.E., M.AK., CA., CPA.
Akuntasi