PROFIL SINGKAT DOSEN

Full Name : Dewi Kumalasari
Email address : dewi.kumalasari@yarsi.ac.id
Academic Qualification :
  • S2 (Magister Profesi Psikologi Pendidikan), Universitas Indonesia (UI)
  • S1 (Psikologi), Universitas Indonesia (UI)
No Phone Office : 021-4223138
No Fax :
Area of Expertise :
  1. Psikologi Pendidikan
  2. Pengasuhan
  3. Resiliensi Akademik
  4. School well-being
Research Grants :
  1. Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2017
  2. Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2018
  3. Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2019
  4. Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2020
Publications :
  1. Pratiwi, Z.R., Karimulloh, & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik Mahasiswa dalam Perspektif Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6 (2), 175-185
  2. Pratiwi, Z.R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang tua dan resiliensi akademik pada mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13 (2), 138-147
  3. Fajriati, R.D., & Kumalasari, D. (2021). Peran Mindful Parenting terhadap Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan. Jurnal Sains Psikologi, 10 (2), 80-92
  4. Akmal, S.Z., & Kumalasari, D. (2021). Online learning readiness and well being in Indonesian college students during pandemic: Academic stress as a moderator. Jurnal Psikologi Ulayat, online first
  5. Akmal, S.Z., & Kumalasari, D. (2021). Stres akademik sebagai mediator antara kesiapan belajar dan kepuasan mahasiswa terhadap proses belajar daring. Persona, 10 (1), 133-146
  6. Kumalasari, D., & Akmal, S.Z. (2021). Less stress, more satisfaction with online learning during COVID-19 pandemic: The moderating role of academic resilience. Psychological Research on Urban Society (PROUST), 4 (1), 36-44
  7. Febriani, Z., Setyowati, R.B., Kumalasari, D., & Fourianalistyawati. (2021). Adaptation of Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ) for parents of children aged 2-12 years. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 6 (2)
  8. Akmal, S.Z., Kumalasari, D., & Grasiaswaty, N. (2021). Indonesian adaptation of the Revised College Student Subjective Wellbeing Questionnaire. Humanitas, 18 (2)
  9. Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2021). Faktor-faktor Objektif dan Subjektif yang Memprediksi Mindful Parenting pada Ibu di Indonesia, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 14 (1), 52-62.
  10. Kumalasari, D., & Akmal, S.Z. (2020) Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi COVID-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona, 9 (2), 353-368
  11. Kumalasari, D., & Gani, I.A. (2020). Mengasuh Anak Usia Prasekolah vs Anak Usia Sekolah Dasar: Manakah yang Lebih Menimbulkan Stres Pengasuhan Pada Ibu? Jurnal Personifikasi, 11 (2), 146-160.
  12. Kumalasari, D., Luthfiyanni, N.A., & Grasiaswaty, N. (2020). Analisis Faktor Adaptasi Instrumen Resiliensi Akademik Versi Indonesia: Pendekatan Eksploratori dan Konfirmatori, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9 (2), 84-95.
  13. Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2020). The role of mindful parenting to the parenting stress in mothers with children at early age, Jurnal Psikologi, 19 (2), 135-142.
  14. Prabhawa, F.R., & Kumalasari, D. (2020). School Well-Being SD Konvensional dengan SD Alam, Jurnal Penelitian Psikologi, 11 (2), 49-56.
  15. Noviyanti, A., & Kumalasari, D. (2020). Peran School Well-Being terhadap Motivasi Sekolah Siswa Sekolah Menengah, Jurnal Psikogenesis, 8 (1), 78-88.
  16. Gani, I.A., & Kumalasari, D. (2019). Be mindful, less stress: Studi tentang mindful parenting dan stress pengasuhan pada Ibu dari anak usia middle childhood di Jakarta, Jurnal Psikologi, 15 (2), 98-107.
  17. Amalia, P.M., & Kumalasari, D. (2019). Openness to Expericene, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticism: Manakah yang Terkait dengan Mindful Parenting? Intuisi, 11 (2), 158-167
  18. Evriani, T., & Kumalasari, D. (2019). The Role of Teachers Attitudes Toward Teacher’s Efficacy in Inclusive Education in Jakarta Public Elementary School. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2 (1), 62-69
  19. Kumalasari, D., & Kurniawati, F. (2018). Behavioral Skills Training Program to Improve Personal Safety Skills for a Down Syndrome Adolescent with Mild Intellectual Disability. Psychological Research on Urban Society, 1 (2), 81-89
  20. Kumalasari, D., Mangundjaya, W., & Hartana, G. (2017). Hubungan antara Pembelajaran Observasional dengan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Indonesia. Jurnal Psikogenesis, 5 (1)
Community Service Publications :
  1. Ferizea, G.W., & Kumalasari, D. (2021). Psikoedukasi Mendampingi Anaka Belajar dari Rumah Melalui Buku Saku Untuk Orang Tua. Batuah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (2), 24-29
  2. Mutaqin, F. N., & Kumalasari, D. (2021). Psikoedukasi Membentuk Kemandirian Belajar Anak Melalui Buku Saku Digital. Dimasejati, 3 (2)
  3. Listiyandini, R.A., Karimulloh, & Kumalasari, D. (2021) Pengembangan Pengenalan Diri dan Karakter bagi Remaja melalui Program SADARI (Sadar dan Kenali Diri). E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12 (4), 634-639
  4. Brebahama, A., Triman, A., & Kumalasari, D. (2021). Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Instruktur, Konselor, dan Relawan Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan
    Masyarakat), 4 (1), 75-80
  5. Kumalasari, D., Rahmatika, R., & Fitriana, T.S. (2019). Pendekatan Theraplay Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Bermain dengan Anak Penyandang Kanker pada Guru Sekolah-Ku. Dinamisia ,3 (1), 118-123
  6. Febriani, A., Kumalasari, D., Triman, A., & Fourianalistyawati, E. (2019). Pelatihan Mindful Parenting Bagi Ibu dengan Balita di Cempaka Putih. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 4 (1), 7-12
  7. Akmal, S.Z., Arlinkasari, F., & Kumalasari, D. (2017). Pengenalan Minat sebagai Salah Satu Upaya Membantu Merencanakan Masa Depan Siswa. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 13-22
  8. Kumalasari, D., Fourianalistyawati, E., Triman, A., & Putra, J.S. (2017) Pelatihan Mindfulness dalam Rangka Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Kelas XII SMKN 14 Jakarta. Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehata
Books: :
  1. Warna Warni Psikologi untuk Negeri, chapter ‘Kapan si kecil siap sekolah? Memahami faktor kesiapan sekolah pada anak’. Penerbit: Deepublish
  2. Tinjauan Pandemi COVID-19 dalam Psikologi Perkembangan, chapter ‘Menjadi Orang Tua Asyik di Masa Pandemik: Sebuah Ulasan Praktis Tentang Mindful Parenting’. Penerbit: Unsyiah Press
Conferences :
  1. Kumalasari, D. (2020). Teacher Versus Classmate Support: Which One Is More Important to School Well-Being of Senior High-School Students?. Proceedings of Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol 399:
    International Conference on Educational Psychology and Pedagogy (pp : 61-64). Bogor, ID: Atlantis Press
  2. Luthfiyanni, N.A., & Kumalasari, D. (2020). Orientasi konformitas atau orientasi dialog? Mengembangkan resiliensi akademik melalui pola komunikasi keluarga. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Positif: Positive psychology towards
    mental wellness (pp: 306-311). Malang, ID: Universitas Negeri Malang.
  3. Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2020). COVID-19 impact and harsh parenting in mothers: The mediating role of parental stress. Proceedings of International Conference and Call for Paper KPIN: Human Behavior in the New Normal
    Post Pandemic: Challenges and Opportunities for Psychology in the Archipelago (pp: 571-580). Jakarta, ID: Udayana Press
  4. Kumalasari, D. (2018). Peran perceived teacher support terhadap school well being pada siswa SMA di Jakarta. Proceedings of National Seminar on Positive Psychology: Positive Psychology in Dealing with Multigeneration. (pp: 222-234).
    Jakarta, ID: Pertamina University
  5. Akmal, S.Z., & Kumalasari, D. (2018). The role of teacher support in enhancing career decision making students efficacy. Proceedings of National Seminar in Improving Teacher Quality. (pp: 316-324). Jakarta, ID: Universitas Negeri
    Jakarta
Awards :
  1. Best Presenter on Session pada International e-conference KPIN, November 2020
  2. Hak Cipta, Alat peraga ‘Throw Shape’, EC00201857093, 4 Desember 2018
  3. Hak Cipta, Alat peraga ‘Play cubes’, EC00201857099, 4 Desember 2018
  4. Hak Cipta, Alat peraga ‘Emoticon Box’, EC00201857100, 4 Desember 2018
  5. Hak Cipta, Alat peraga ‘Labirin Angka’, EC00201857097, 4 Desember 2018
  6. Hak Cipta, Alat peraga ‘Permainan tepuk bola’, EC00201857096, 4 Desember 2018
  7. Hak Cipta, Alat peraga ‘Bangun istana’, EC00201857110, 4 Desember 2018
  8. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Finding me’, EC00201944205, 28 Juni 2019
  9. Hak Cipta, Alat peraga ‘Dolla (Doll for all)’, EC00201857114, 4 Desember 2018
  10. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Kotak Istana’, EC00201944206, 28 Juni 2019
  11. Hak Cipta, Modul Pengembangan Diri dan Karir, EC00201933664, 22 Maret 2019
  12. Hak Cipta, Modul ‘Bermain Melalui Pendekatan Theraplay’, EC00201941339, 27 Mei 2019
  13. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Boxoball’, EC00201944210, 28 Juni 2019
  14. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Dengarkan Aku’, EC00201944213, 28 Juni 2019
  15. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Healthy Box’, EC00201944209, 28 Juni 2019
  16. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Rumahku’, EC00201944215, 28 Juni 2019
  17. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Pinbook’, EC00201944214, 28 Juni 2019
  18. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Arloo’, EC00201944208, 28 Juni 2019
  19. Hak Cipta, Buku Panduan ‘BEMICA’, EC00201944207, 28 Juni 2019
  20. Hak Cipta, Buku Panduan ‘Busy box’, EC00201944216, 28 Juni 2019
  21. Hak Cipta, Modul ‘SADARI: Sadar dan Kenali Diri Sendiri’, EC00201951777, 22 Agustus 2019
Certification :
  1. Certified Professional Coach (MARLY Institute – International Coaching Federation), 2021
  2. Sertifikasi Pendidik (RISTEKDIKTI), 2019