Research Grants |
: |
- Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2017
- Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2018
- Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2019
- Hibah Internal Penelitian Universitas YARSI tahun 2020
|
Publications |
: |
- Pratiwi, Z.R., Karimulloh, & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik Mahasiswa dalam Perspektif Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6 (2), 175-185
- Pratiwi, Z.R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang tua dan resiliensi akademik pada mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13 (2), 138-147
- Fajriati, R.D., & Kumalasari, D. (2021). Peran Mindful Parenting terhadap Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan. Jurnal Sains Psikologi, 10 (2), 80-92
- Akmal, S.Z., & Kumalasari, D. (2021). Online learning readiness and well being in Indonesian college students during pandemic: Academic stress as a moderator. Jurnal Psikologi Ulayat, online first
- Akmal, S.Z., & Kumalasari, D. (2021). Stres akademik sebagai mediator antara kesiapan belajar dan kepuasan mahasiswa terhadap proses belajar daring. Persona, 10 (1), 133-146
- Kumalasari, D., & Akmal, S.Z. (2021). Less stress, more satisfaction with online learning during COVID-19 pandemic: The moderating role of academic resilience. Psychological Research on Urban Society (PROUST), 4 (1), 36-44
- Febriani, Z., Setyowati, R.B., Kumalasari, D., & Fourianalistyawati. (2021). Adaptation of Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ) for parents of children aged 2-12 years. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 6 (2)
- Akmal, S.Z., Kumalasari, D., & Grasiaswaty, N. (2021). Indonesian adaptation of the Revised College Student Subjective Wellbeing Questionnaire. Humanitas, 18 (2)
- Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2021). Faktor-faktor Objektif dan Subjektif yang Memprediksi Mindful Parenting pada Ibu di Indonesia, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 14 (1), 52-62.
- Kumalasari, D., & Akmal, S.Z. (2020) Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi COVID-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona, 9 (2), 353-368
- Kumalasari, D., & Gani, I.A. (2020). Mengasuh Anak Usia Prasekolah vs Anak Usia Sekolah Dasar: Manakah yang Lebih Menimbulkan Stres Pengasuhan Pada Ibu? Jurnal Personifikasi, 11 (2), 146-160.
- Kumalasari, D., Luthfiyanni, N.A., & Grasiaswaty, N. (2020). Analisis Faktor Adaptasi Instrumen Resiliensi Akademik Versi Indonesia: Pendekatan Eksploratori dan Konfirmatori, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9 (2), 84-95.
- Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2020). The role of mindful parenting to the parenting stress in mothers with children at early age, Jurnal Psikologi, 19 (2), 135-142.
- Prabhawa, F.R., & Kumalasari, D. (2020). School Well-Being SD Konvensional dengan SD Alam, Jurnal Penelitian Psikologi, 11 (2), 49-56.
- Noviyanti, A., & Kumalasari, D. (2020). Peran School Well-Being terhadap Motivasi Sekolah Siswa Sekolah Menengah, Jurnal Psikogenesis, 8 (1), 78-88.
- Gani, I.A., & Kumalasari, D. (2019). Be mindful, less stress: Studi tentang mindful parenting dan stress pengasuhan pada Ibu dari anak usia middle childhood di Jakarta, Jurnal Psikologi, 15 (2), 98-107.
- Amalia, P.M., & Kumalasari, D. (2019). Openness to Expericene, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticism: Manakah yang Terkait dengan Mindful Parenting? Intuisi, 11 (2), 158-167
- Evriani, T., & Kumalasari, D. (2019). The Role of Teachers Attitudes Toward Teacher’s Efficacy in Inclusive Education in Jakarta Public Elementary School. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2 (1), 62-69
- Kumalasari, D., & Kurniawati, F. (2018). Behavioral Skills Training Program to Improve Personal Safety Skills for a Down Syndrome Adolescent with Mild Intellectual Disability. Psychological Research on Urban Society, 1 (2), 81-89
- Kumalasari, D., Mangundjaya, W., & Hartana, G. (2017). Hubungan antara Pembelajaran Observasional dengan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Indonesia. Jurnal Psikogenesis, 5 (1)
|
Community Service Publications |
: |
- Ferizea, G.W., & Kumalasari, D. (2021). Psikoedukasi Mendampingi Anaka Belajar dari Rumah Melalui Buku Saku Untuk Orang Tua. Batuah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (2), 24-29
- Mutaqin, F. N., & Kumalasari, D. (2021). Psikoedukasi Membentuk Kemandirian Belajar Anak Melalui Buku Saku Digital. Dimasejati, 3 (2)
- Listiyandini, R.A., Karimulloh, & Kumalasari, D. (2021) Pengembangan Pengenalan Diri dan Karakter bagi Remaja melalui Program SADARI (Sadar dan Kenali Diri). E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12 (4), 634-639
- Brebahama, A., Triman, A., & Kumalasari, D. (2021). Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Instruktur, Konselor, dan Relawan Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan
Masyarakat), 4 (1), 75-80
- Kumalasari, D., Rahmatika, R., & Fitriana, T.S. (2019). Pendekatan Theraplay Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Bermain dengan Anak Penyandang Kanker pada Guru Sekolah-Ku. Dinamisia ,3 (1), 118-123
- Febriani, A., Kumalasari, D., Triman, A., & Fourianalistyawati, E. (2019). Pelatihan Mindful Parenting Bagi Ibu dengan Balita di Cempaka Putih. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 4 (1), 7-12
- Akmal, S.Z., Arlinkasari, F., & Kumalasari, D. (2017). Pengenalan Minat sebagai Salah Satu Upaya Membantu Merencanakan Masa Depan Siswa. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 13-22
- Kumalasari, D., Fourianalistyawati, E., Triman, A., & Putra, J.S. (2017) Pelatihan Mindfulness dalam Rangka Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Kelas XII SMKN 14 Jakarta. Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehata
|
Books: |
: |
- Warna Warni Psikologi untuk Negeri, chapter ‘Kapan si kecil siap sekolah? Memahami faktor kesiapan sekolah pada anak’. Penerbit: Deepublish
- Tinjauan Pandemi COVID-19 dalam Psikologi Perkembangan, chapter ‘Menjadi Orang Tua Asyik di Masa Pandemik: Sebuah Ulasan Praktis Tentang Mindful Parenting’. Penerbit: Unsyiah Press
|
Conferences |
: |
- Kumalasari, D. (2020). Teacher Versus Classmate Support: Which One Is More Important to School Well-Being of Senior High-School Students?. Proceedings of Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol 399:
International Conference on Educational Psychology and Pedagogy (pp : 61-64). Bogor, ID: Atlantis Press
- Luthfiyanni, N.A., & Kumalasari, D. (2020). Orientasi konformitas atau orientasi dialog? Mengembangkan resiliensi akademik melalui pola komunikasi keluarga. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Positif: Positive psychology towards
mental wellness (pp: 306-311). Malang, ID: Universitas Negeri Malang.
- Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2020). COVID-19 impact and harsh parenting in mothers: The mediating role of parental stress. Proceedings of International Conference and Call for Paper KPIN: Human Behavior in the New Normal
Post Pandemic: Challenges and Opportunities for Psychology in the Archipelago (pp: 571-580). Jakarta, ID: Udayana Press
- Kumalasari, D. (2018). Peran perceived teacher support terhadap school well being pada siswa SMA di Jakarta. Proceedings of National Seminar on Positive Psychology: Positive Psychology in Dealing with Multigeneration. (pp: 222-234).
Jakarta, ID: Pertamina University
- Akmal, S.Z., & Kumalasari, D. (2018). The role of teacher support in enhancing career decision making students efficacy. Proceedings of National Seminar in Improving Teacher Quality. (pp: 316-324). Jakarta, ID: Universitas Negeri
Jakarta
|
Awards |
: |
- Best Presenter on Session pada International e-conference KPIN, November 2020
- Hak Cipta, Alat peraga ‘Throw Shape’, EC00201857093, 4 Desember 2018
- Hak Cipta, Alat peraga ‘Play cubes’, EC00201857099, 4 Desember 2018
- Hak Cipta, Alat peraga ‘Emoticon Box’, EC00201857100, 4 Desember 2018
- Hak Cipta, Alat peraga ‘Labirin Angka’, EC00201857097, 4 Desember 2018
- Hak Cipta, Alat peraga ‘Permainan tepuk bola’, EC00201857096, 4 Desember 2018
- Hak Cipta, Alat peraga ‘Bangun istana’, EC00201857110, 4 Desember 2018
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Finding me’, EC00201944205, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Alat peraga ‘Dolla (Doll for all)’, EC00201857114, 4 Desember 2018
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Kotak Istana’, EC00201944206, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Modul Pengembangan Diri dan Karir, EC00201933664, 22 Maret 2019
- Hak Cipta, Modul ‘Bermain Melalui Pendekatan Theraplay’, EC00201941339, 27 Mei 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Boxoball’, EC00201944210, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Dengarkan Aku’, EC00201944213, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Healthy Box’, EC00201944209, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Rumahku’, EC00201944215, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Pinbook’, EC00201944214, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Arloo’, EC00201944208, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘BEMICA’, EC00201944207, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Buku Panduan ‘Busy box’, EC00201944216, 28 Juni 2019
- Hak Cipta, Modul ‘SADARI: Sadar dan Kenali Diri Sendiri’, EC00201951777, 22 Agustus 2019
|
Certification |
: |
- Certified Professional Coach (MARLY Institute – International Coaching Federation), 2021
- Sertifikasi Pendidik (RISTEKDIKTI), 2019
|