Bagi warga Yarsi, penggemar belanja makanan minuman ,produk kreatif, industri, dan jasa, Selasa hingga Kamis (4-6/6/24) tidak perlu repot-repot keluar. Cukup kunjungi Bazar Studepreneur warga Yarsi bisa berburu belanjaan.
“Bazar kali ini ada juga produk start up menjadikan tampil beda,” ujar Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Yarsi (FEBUY) , Ananta Hagabean Nasution, SE.,MBA (Ananta), Selasa(4/6) di tempat acara.
Ananta menjelaskan, bazar kali ini tampil beda. Ragam produk di pamerkan lebih inovatif, terdiri dari makanan minuman inovatif, produk kreatif,industri kreatifi, dan produk jasa kreatif.
Program bernama Bazar Studepreneur diadakan oleh Inkubator Bisnis. Event ini sebagai wadah bagi mahasiswa kewirausahaan Universitas Yarsi menampilkan produk mereka kepada publik, Semua mahasiswa Yarsi , tanpa terkecuali, sebelum bazae dibekali ilmu kewirausahaan selama 1 semester. “Jadi bazar studpreneur ini ajang gelar aneka produk inovatif mahasiswa,”tegas Ananta.
Lebih lanjut, dalam perhelatan tahunan ini bukan hanya bazar, tapi ditampilkan juga kompetisi bernama Studpreneur Competition. Nantinya dipilih dua produk usaha dari the best produk masing-masing perwakilan fakultas dan dilakukan pitching presentation didepan para juri dan pakar wirausaha, lalu pemenangnya mendapatkan dana hibah jutaan rupiah, lalu yang unggul dapat dikembangkan ke depan dan juga dapat di dorong ke kompetisi wirausaha nasional.
Adapun yang dinilai dalam kompetisi oleh juri berupa, product differentiation, value preposition, customer discovery, dan marketing strategy serta scale up bisnis
Studpreneur tahun ini diikuti lebih dari 100 kelompok usaha mahasiswa dan pengunjungnya terbuka untuk umum dari mana saja.”Ini membedakan dengan kegiatan sebelumnya,”ujar dosen FEBUY.
Peserta bazar kelompok usaha mahasiswa dari seluruh fakultas di Yarsi, mereka sudah dibekali materi kewirausahaan selama 1 semester penuh.
Menurut Ananta, mahasiswa berpameran akan mendapatkan berbagai benefit, seperti, diberikan kesempatan menggelar produk secara masive, sebagai ajang promosi dan mengenalkan produk. Kemudian mendapatkan peluang dana hibah serta jaringan dan relasi yang luas (usman)