Program magister
Sekolah pasacasarjana

Sains Biomedis

s2  Sains Biomedis

Visi

Mewujudkan Program Studi Magister Sains Biomedis yang bermutu sesuai dengan nilai Islam dan mampu bersaing di forum nasional dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Sains Biomedis yang bermutu sesuai dengan nilai Islam dan mampu bersaing di forum nasional dan internasional
  2. Mengembangkan sains biomedis melalui penelitian yang menghasilkan luaran penelitian yang bermutu sesuai dengan nilai Islam dan mampu bersaing di forum nasional dan internasional
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan nilai Islam yang berbasis penelitian yang bermutu dan dapat menjawab masalah masyarakat Indonesia dan Internasional
  4. Mengembangkan kerja sama di berbagai bidang terkait sains biomedis baik nasional maupun internasional
Profil kompetensi Magister Sains Biomedis

Pendidikan Magister Sains Biomedis ini dirancang agar peserta didik memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Mampu mengidentifikasi, menyusun gagasan dan hasil pemikiran berdasarkan etika akademik dan memecahkan permasalahan tersebut melalui penelitian bidang Sains Biomedis yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  2. Mampu melakukan validasi akademik dan atau kajian bidang Biomedis dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Mampu mengembangkan pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif di bidang Biomedis melalui penelitian ilmiah, mengkomunikasikannya ke masyarakat akademik maupun masyarakat luas dan mempublikasikannyadi jurnal ilmiah bereputasi atau menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  5. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat dalam lembaga dan komunitas penelitian sehingga mendapat pengakuan baik secara lokal, Nasional maupun Internasional.

Mata Kuliah Biomedik Umum

Semester Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot sks
I 230105_23 Filsafat Ilmu Etika dan Agama 2
230106_23 Metodologi Penelitian 2
230107_23 Biokimia 2
230112_23 Teknik Penulisan Ilmiah dan Penelusuran Literatur 2
230108_23 Biostatistik 2
230109_23 Biologi Sel dan Molekuler 2
230111_23 Biologi Sel Punca 2
230110_23 Imunologi 2
II 230215_23 Biologi Kanker 2
230216_23 Bioinformatika 2
230217_23 Genetika Kedokteran 2
230218_23 Alat, Teknik, dan Analisis Laboratorium Sains Biomedis (PCR, Ekstraksi DNA, RNA, Herbal dan animal handling) 2
230223_23 Mata Kuliah Pilihan I: Fitofarmaka 2
230224_23 Mata Kuliah Pilihan II: Stres Oksidatif 2
230225_23 Mata Kuliah Pilihan III: Endokrin dan Metabolisme 2
230226_23 Mata Kuliah Pilihan IV: Patobiologi 2
230228_23 Mata Kuliah Pilihan V: Neurosains 2
230227_23 Mata Kuliah Pilihan VI: Hematologi dan Transfusi 2
III 230330_23 Seminar Proposal dan Penelitian 2
IV 230431_23 Penulisan Tesis dan Ujian Komprehensif 6
230432_23 Publikasi Karya Ilmiah 2
Jumlah 46

Mata Kuliah Peminatan Konseling Genetika

Semester Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot sks

I

230105_23 Filsafat Ilmu Etika dan Agama 2
230106_23 Metodologi Penelitian 2
230112_23 Teknik Penulisan Ilmiah dan Penelusuran Literatur 2
230108_23 Biostatistik 2
230109_23 Biologi Sel dan Molekuler 2
230114_23 Psikologi Dasar 2
230113_23 Genetika Manusia 4
II 230216_23 Bioinformatika 2
230219_23 Genetika Klinik 4
230220_23 Konseling Genetika dan Etika 4
230221_23 Teknik Dasar Pengujian Sitogenika 2
230433_23 Elektif 2
III/IV 230330_23 Seminar Proposal dan Penelitian 2
230431_23 Penulisan Tesis dan Ujian Komprehensif 6
230432_23 Publikasi Karya Ilmiah 2
Jumlah 42

No

Capaian Pembelajaran (CP)

I.

Aspek Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi ruhul Islam dalam rangka penghayatan nilai Islam untuk membentuk insan intelektual yang memiliki kepribadian Islami, wawasan pengetahuan keislaman dan keterampilan sesuai ajaran Islam

II.

Aspek Pengetahuan

  1. Mahasiswa menguasai dan mampu mengintegrasikan syariat Islam dan bioetika dan konteks keilmuan sains biomedis
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan titik kritis isu sains biomedis di masyarakat yang membutuhkan pandangan syariat Islam
  3. Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengelompokkan, menampilkan, mengolah dan menganalisis data dengan menggunakan metode statistik yang sesuai, akurat dan sahih.
  4. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak statisitk untuk (1) mengumpulkan data yang representatif, (2) Mengorganisasi, mengolah, dan menyajikan data, (3) memprediksi nilai, serta (4) membuat kesimpulan atas hipotesis yang diajukan (inferensial).
  5. Mahasiswa menguasai dan mampu menganalisis paradigma penelitian yang digunakan pada penelitian kedokteran dan kesehatan pada umumnya
  6. Mahasiswa menguasai dan mampu mengevaluasi metode penelitian secara umum serta aplikasinya secara khusus dalam bidang ilmu Sains Biomedis
  7. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian untuk penelitian disertasi
  8. Mahasiswa memahami dan mampu menganalisis struktur penulisan artikel ilmiah bidang biomedis
  9. Mahasiswa mampu membedakan dan mengevaluasi tipe jurnal artikel (penelitian orisinal dengan berbagai desain atau rancangan seperti meta analysis, RCT randomized clinical trial, case control, cross sectional, systematic review, case report, eksperimental dan observasional baik ke manusia, hewan, dan kultur sel)
  10. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis konflik kepentingan
  11. peneliti dalam penulisan artikel
  12. Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis struktur dasar dan fungsi biomolekul
  13. Mahasiswa mampu mencari hubungan dan menganalisis reaksi metabolisme yang terjadi di dalam tubuh
  14. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan energi dan korelasinya pada produksi suhu tubuh
  15. Mahasiswa mampu menganalisis kerja enzim pada berbagai macam reaksi metabolisme
  16. Mahasiswa mampu menghubungkan respon metabolisme terhadap stress
  17. Mahasiswa mampu menggabungkan reaksi metabolisme dalam hubungannya dengan metabolisme xenobiotic
  18. Mahasiswa mampu menganalisis berbagai penyakit hematologi dan reaksi transfusi yang terjadi di dalam tubuh
  19. Mahasiswa mampu mencari hubungan aspek biokimia dengan anemia
  20. Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan dan mengevaluasi efek hemoglobinopati
  21. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi aplikasi biokimia dalam pengujian laboratorium
  22. Mahasiswa mampu menganalisis dan menguasai konsep struktur dan fungsi sel
  23. Mahasiswa mampu menganalisis dan menguasai struktur dan fungsi membran dan organelle sel
  24. Mahasiswa mampu mensintesis dan mengevaluasi masalah metabolisme dan konversi enegi sel
  25. Mahasiswa mampu menganalisis hubungan antara siklus sel dan komunikasi antar sel
  26. Mahasiswa mampu menganalisis dan mensintesis struktur dan fungsi makromolekul sel, gen, pengaturan transkripsi, translasi dan ekspresi gen
  27. Mahasiswa menguasai dan mampu mengaplikasikan serta mengevaluasi berbagai teknik laboratorium pemeriksaan biologi sel dan molekuler
  28. Mahasiswa mampu memahami, mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep dasar biologi sel punca dan sel punca pluripoten sesuai perkembangan terkini
  29. Mahasiswa mampu melakukan dan mengaplikasikan teknik dasar kultur sel punca
  30. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi aplikasi sel punca pada situasi klinis
  31. Mahasiswa mampu mengintegrasikan pertimbangan etika dan agama dalam riset sel punca dan uji produk
  32. Mahasiswa mampu menemukan hubungan sebab akibat dan menganalisis mekanisme genetika yang berperan dalam patogenesis suatu penyakit
  33. Mahasiswa menguasai dan mampu menganalisis interaksi lingkungan dan transkriptomik-proteomic- metabolomik-genom-epigenom (omics)
  34. Mahasiswa mampu menguji dan menganalisis metode penelitian genomik, interpretasi hasil dan batasan-batasannya (salah satunya perspektif Islam)
  35. Mahasiswa mampu menelaah dan mengkombinasikan konsep dan aplikasi Precision Medicine (Kedokteran Presisi) dalam hal penelitian, pencegahan, dan pengobatan penyakit
  36. Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan pengembangan tumbuhan obat untuk jamu, herbal terstandar dan fitofarmaka
  37. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi standarisasi dan ekstraksi, efikasi dan keamanan tanaman obat
  38. mahasiswa mampu mengintegrasikan hilirisasi hasil penelitian tanaman obat dan titik kritis halal dalam pengembangan produk herbal dan fitofarmaka
  39. Mahasiswa menguasai dan mampu mengaplikasikan keterampilan pembuatan ekstrak dan fraksinasi, uji fitokimia serta uji aktivitas kimia.
  40. Mahasiswa mampu mengintegrasikan dan mengevaluasi penggunaan bioinformatika dalam memecahkan masalah biomedis
  41. Mahasiswa mampu memecahkan masalah penelitian dengan memanfaatkan dan menggunakan database gen dan protein
  42. Mahasiswa mampu menggunakan, menginterpretasikan dan mengaplikasikan berbagai perangkat untuk penelusuran referensi, perancangan dan analisis primer, prediksi dan analisis struktur protein
  43. Mahasiswa mampu merancang penelitian inovatif setelah melakukan telaah kritis artikel penelitian yang memanfaatkan Bioinformatika
  44. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi kompleksitas karakteristik sel kanker dan kanker sebagai penyakit genetik sehingga mampu menciptakan terobosan dalam tatalaksana kanker
  45. Mahasiswa menguasai struktur dan stabilitas DNA, serta peran, mutasi dan regulasi Growth factor, growth inhibitor, tumor suppressor gen sehingga mampu memprediksi potensi penemuan gen baru
  46. Mahasiswa mampu menganalisa jalur pensinyalan, metabolisme, apoptosis, dan siklus sel kanker sehingga mampu mengevaluasi akar masalah dibalik resistensi obat dan kekambuhan kanker
  47. Mahasiswa menguasai konsep dasar dalam diagnosis, prevensi, terapi sehingga mampu melakukan rancangan penelitian inovatif di bidang kanker yang juga memiliki potensi hilirisasi
  48. Mahasiswa menguasai prinsip imunobiologi dan imunologi dasar dan menggunakannya untuk mengevaluasi dan mengembangkan terobosan terapi atau diagnostik yang inovatif
  49. Mahasiswa mampu menganalisa perbedaan respon imun infeksi dan non infeksi untuk mengevaluasi kinerja terapi
  50. Mahasiswa mampu mengevaluasi kerumitan proses vaksinasi sejak pengembangan hingga uji klinis
  51. Mahasiswa mampu menganalisa respon imun pada penuaan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup
  52. Mahasiswa memahami respon imun pada penuaan untuk mengembangkan imunodiagnostik yang tepat guna
  53. Mahasiswa memahami dan mampu mengevaluasi hukum immunisasi dalam Islam serta titik kritis kehalalan vaksin

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas YARSI untuk Program Sarjana (S1), Pascasarjana (S2 dan S3), dan Spesialis (Sp) diselenggarakan melalui Seleksi Berbasis Rapor (S1) dan Seleksi Nilai Transkrip (S2, S3, Sp). Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas YARSI dapat dilihat di situs web pmb.yarsi.ac.id

Are you a foreign applicant and want to study at Universitas YARSI? Find information about requirements and procedures via
OFFICE FOR INTERNATIONAL AFFAIRS