No.
|
Capaian Pembelajaran (CP)
|
I.
|
Aspek Sikap
|
|
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi ruhul Islam untuk membentuk insan intelektual yang memiliki kepribadian Islami, wawasan pengetahuan keislaman dan keterampilan sesuai ajaran Islam
|
II.
|
Aspek Pengetahuan
|
|
II.1 Kesehatan Masyarakat
|
|
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan masalah kesehatan di masyarakat
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang program preventif dalam pengelolaan kesehatan di masyarakat
- Mahasiswa mampu menyusun program yang bertujuan sebagai upaya pencegahan penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
- Mahasiswa mampu membangun komunikasi dan kerja sama dengan para pemangku jabatan di masyarakat guna keberhasilan program kesehatan di masyarakat
- Mahasiswa mampu membangun sustainability program pelayanan kesehatan yang melibatkan peran aktif rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut dalam upaya promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif.
|
|
II.2 Biostatistika
|
|
- Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengelompokkan, menampilkan, mengolah dan menganalisis data dengan menggunakan metode statistik yang sesuai, akurat dan sahih.
- Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak statistik untuk:
- mengumpulkan data yang representatif,
- mengorganisasi, mengolah, dan menyajikan data,
- memprediksi nilai, serta
- membuat kesimpulan atas hipotesis yang diajukan (inferensial).
- Mahasiswa mampu menggunakan biostatistika yang mendukung penyusunan tesis.
|
|
II.3 Metodologi Penelitian
|
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan paradigma penelitian yang digunakan pada penelitian kedokteran dan kesehatan pada umumnya
- Mahasiswa menguasai metode penelitian secara umum serta aplikasinya secara khusus dalam bidang ilmu administrasi rumah sakit
- Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian untuk penelitian tesis
|
|
II.4 Ekonomi Kesehatan
|
|
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu ekonomi secara makro khususnya dalam bidang kesehatan
- Mahasiswa mampu menjelaskan kesehatan dari sudut pandang nilai keekonomian
- Mahasiswa mampu menganalisis suplai dan tuntutan sumber daya pelayanan kesehatan dan dampak sumber daya pelayanan kesehatan terhadap populasi.
- Mahasiswa mampu memahami sistem pembiayaan pelayanan kesehatan
- Mahasiswa mampu memahami danmenyusun kebijakan Perilaku EkonomiRumah Sakit.
|
|
II.5 Manajemen Keuangan Dasar
|
|
- Mampu memahami prinsip keuangan dalam pelayanan kesehatan
- Mampu menyusun perhitungan unit cost sampai penetapan tarif dalam pelayanan di rumah sakit
- Mampu memahami alur pelayanan dan siklus transaksi di rumah sakit
- Mampu memahami peraturan dalam pelaporan keuangan
- Mampu menyusun jenis-jenis laporan keuangan
|
|
II.6 Organisasi dan Manajemen Rumah Sakit (Corporate Governance)
|
|
- Mahasiswa mampu memahami struktur dasar organisasi rumah sakit serta pembagian tugas, fungsi wewenang dan tanggung jawab
- Mahasiswa mampu memahami danmenyusun struktur organisasi dan tata kelola (SOTK) rumah sakit yang mendukung pencapaian visi dan misi ruah sakit
- Mahasiswa mampu memahami danmenyusun serta menjelaskan komunikasi organisasi, secara vertikal dan horizontal daninternal dan eksternal, serta antar multi- disiplin profesi
- Mahasiswa mampu melakukan dan merancang sistem POACE dalam tata kelola organisasi rumah sakit
- Mahasiswa mampu menyusun target organisasi, indikator mutu, KPI dan indikator tata kelola organisasi yang unggul.
|
|
II.7 Manajemen Keuangan Rumah Sakit
|
|
- Mahasiswa memahami manajemen keuangan rumah sakit, mulai dari perencanaan keuangan, penyusunan anggaran, pengelolaan investasi sampai pada pelaporan keuangan.
- Mahasiswa memahami manajemen keuangan pelayanan kesehatan yang didukung oleh sistem informasi (financial information system)
- Mahasiswa memahami dan mampu menyusun bagan akun (chart of account)
- Mahasiswa mampu melakukan analisis bisnis keuangan unit-unit pelayanan rumah sakit
- Mahasiswa mampu melakukan fungsi keuangan dalam monitoring dan evaluasi serta upaya meningkatkan kinerja keuangan rumah sakit
|
|
II.8 Kepemimpinan dan Manajemen SDM
|
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar kepemimpinan strategi dan kepemimpinan di berbagai level organisasi
- Mahasiswa mampu mendorong dan membentuk kepemimpinan unggul dan kompetitif di semua level organisasi dengan konsep syariah
- Mahasiswa memahami dan mampumenyusun manajemen SDM rumah sakit dengan berbagai profesi yang berbeda
- Mahasiswa mampu merancang pendekatan penilaian kinerja profesi dan karyawan, yang didukung dengan uraian tugas dan KPI yang terukur
- Manajemen SDM dikelola dengan pendekatan, kompetensi dan kualifikasi syariah
- Mahasiswa mampu merancang dan membangun keunggulan organisasi melalui tata kelola SDM yang unggul
|
|
II.9 Sistem dan Kebijakan Kesehatan
|
|
- Mahasiswa mengetahui dan memahami sistem dan kebijakan kesehatan di tingkat nasional dan internasional
- Mahasiswa mampu memahami dan melakukan analisis terhadap sistem dan kebijakan nasional yang diimplementasikan di rumah sakit dan gap yang terjadi
- Mahasiswa mampu menyusun kebijakan internal rumah sakit yang mengacu pada kebijakan nasional
- Mahasiswa mampu melakukan inovasi dalam tata kelola organisasi dan pelayanan dengan tetap mematuhi sistem dan kebijakan kesehatan
- Mahasiswa mampu membangun keunggulan organisasi dan mampu berkompetisi dalam dunia perumahsakitan.
|
|
II.10 Manajemen Risiko
|
|
- Mahasiswa mampu memahami tentang definisi, konsep, tools dan analisis dalam melakukan manajemen risiko
- Mahasiswa mampu melakukan identifikasi, prioritas, pelaporan, manajemen, serta investigasi KTD
- Mahasiswa mampu menyusun rancangan manajemen risiko di rumah sakit, sesuai standar akreditasi nasional dan internasional
- Mahasiswa mampu mengelola risiko yang terdapat di rumah sakit sebagai bagian dari program peningkatan mutu dan keselamatan pasien.
|
|
II.11 Hukum dan Etika Kesehatan
|
|
- Mahasiswa memahami secara holistik dan integratif tentang hukum dan etika kesehatan
- Mahasiswa memahami pendekatan yang dapat digunakan dalam menghadapi masalah hukum dan etika kesehatan
- Mahasiswa mampu merancang upaya preventif untuk mencegah terjadinya delik aduan/sengketa medik
- Mahasiswa mampu memahami dan mengkomunikasikan ke seluruh pihak terkait di internal dan eksternal RS tentang regulasi dan etika pelayanan kesehatan untuk membangun sinergi dan mencegah perbuatan yang bertentangan dengan regulasi dan etika
|
|
II.12 Entrepreneurship
|
|
- Mahasiswa mengetahui dan memahami karakteristik entrepreneurship guna membangun bisnis rumah sakit yang terus bertumbuh dan berkompetisi
- Mahasiswa mampu merancang pelayanan kesehatan yang inovatif dengan tetap memperhatikan mutu dan keselamatan pasien
- Mahasiswa mampu melakukan kajian terhadap aspek-aspek entrepreneurship yang mendukung upaya mengembangkan pelayanan unggulan
|
|
II.13 Manajemen Mutu dan Keselamatan Pasien
|
|
- Mahasiswa mengetahui dan memahami prinsip manajemen mutu dan keselamatan pasien
- Mahasiswa mengetahui dan memahami indikator mutu dan keselamatan pasien nasional, sesuai akreditasi, internasional,serta indikator mutu syariah
- Mahasiswa mampu merancang program peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang berkelanjutan
- Mahasiswa mampu menyusun dokumen untuk menjamin terlaksananya proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi
- Mahasiswa memahami indikator mutu dan keselamatan pasien area manajemen dan area klinis
|
|
II.14 Clinical Governance
|
|
- Mahasiswa memahami tentang konsep dan prinsip Clinical Governance di rumah sakit
- Mahasiswa mampu melakukan analisis implementasi Clinical Governance di rumah sakit dan merancang pendekatan sebagai program peningkatan mutu
- Mahasiswa melakukan kajian literatur tentang konsep dan implementasi Clinical Governance di dalam dan luar negeri
- Mahasiswa mampu merancang program implementasi Clinical Governance di rumah sakit
- Mahasiswa mampu mengembangkan kepemimpinan dan inovasi dalam pencapaian Clinical Governance
|
|
II.15 Digital Health
|
|
- Mahasiswa memahami tentang sistem digital dalam pelayanan kesehatan secara global
- Mahasiswa memahami tentang fungsi dan manfaat sistem digital dalam pelayanan kesehatan
- Mahasiswa memahami business process dalam sistem digital untuk tata kelola dan pelayanan klinis
- Mahasiswa mampu membangun visi dan kerangka pikir tentang sistem digitalisasi dalam pelayanan di rumah sakit
- Mahasiswa mampu menyusun program untuk pengembangan sistem digital di rumah sakit
|
|
II.16 Pemasaran Strategis
|
|
- Mahasiswa memahami tentang pemasaran secara umum dan pemasaran jasa
- Mahasiswa memahami tentang pemasaran strategis rumah sakit
- Mahasiswa memahami kode etik pemasaran rumah sakit
- Mahasiswa mampu memahami, mengidentifikasi, menganalisis dan mengembangkan konsep marketing mix untuk jasa, dengan pendekatan STP serta 7- 10P’
- Mahasiswa mampu mengembangkan program digital marketing
|
|
II.17 Tata Kelola Rumah Sakit Syariah
|
|
- Mahasiswa memahami tentang konsep rumah sakit syariah
- Mahasiswa memahami tentang tata kelola organisasi dan pelayanan rumah sakit syariah
- Mahasiswa memahami kode etik rumah sakit syariah, kode etik dokter syariah dan kode etik keperawatan syariah
- Mahasiswa memahami tentang manajemen sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang dikelola secara syariah
- Mahasiswa mampu merancang program tata kelola organisasi dan tata kelola klinis sesuai standar rumah sakit syariah
|
III.
|
Aspek Keterampilan Umum
|
|
- Mampu mengelola rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut dengan tata kelola organisasi dan tata kelola klinis
- Memiliki kemampuan kepemimpinan danpengelolaan SDM dengan multi-profesi
- Memahami dan mampu mengembangkan sistem digital di rumah sakit
- Mampu menyusun dan mengembangkan tata kelola dan pelayanan rumah sakit sesuai standar syariah
- Mampu menyusun business plan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan unit pelayanan atau pelayanan unggulan (Center of Excellence)
- Mampu menyusun dan meningkatkan program mutu dan keselamatan pasien
- Mampu mengelola pelayanan medis untuk mencapai good clinical governance
- Mampu mengelola keuangan rumah sakit sebagai sebuah unit bisnis strategis
- Mampu menyusun dan mengembangkan pelayanan dengan konsep pemasaran strategis
- Mampu mengelola rumah sakit sebagai pelayanan kesehatan yang menghormati dan mematuhi peraturan perundangan, kebijakan kesehatan dan etika perumahsakitan yang berlaku
|
IV.
|
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
- Keterampilan Khusus untuk mahasiswa dengan pilihan karir sebagai Manajer atau Pimpinan rumah sakit
- Mampu memimpin dan mengelola rumah sakit sesuai dengan standar syariah
- Mampu mengembangkan tata kelola yang didukung konsep digital health / hospital
- Memiliki kemampuan entrepreneurship yang andal sehingga mampu menyusun dan mengembangkan business plan rumah sakit atau unit pelayanan unggulan (center of excellence)
- Mampu menyusun dan mengembangkan tata kelola rumah sakit untuk peningkatan mutu dan keselamatan pasien
- Mampu mengembangkan pelayanan rumah sakit dengan konsep mutu dan standar mutu internasional
|
|
- Keterampilan Khusus untuk mahasiswa dengan pilihan karir sebagai Manajer atau Pimpinan organisasi kesehatan non rumah sakit
- Mampu menyusun dan mengembangkan standar pelayanan sesuai kaidah syariah
- Mampu mengembangkan pelayanan kesehatan dengan dukungan sistem digital
- Mampu memimpin organisasi sesuai dengan standar mutu dan keselamatan pasien
- Mampu menyusun dan mengembangkan business plan yang didukung kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship)
- Mampu mengembangkan pelayanan kesehatan dengan standar mutu internasional
|
|
- Keterampilan Khusus untuk mahasiswa dengan pilihan karir sebagai Manajer atau Pimpinan organisasi non rumah sakit / non kesehatan
- Mampu menyusun dan mengembangkan standar pelayanan sesuai kaidah syariah
- Mampu memimpin organisasi sesuai dengan standar mutu dan keselamatan pasien
- Mampu menyusun dan mengembangkan business plan yang didukung kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship)
- Memahami dan mampu mengembangkan tentang sistem digital dalam pelayanan kesehatan
|