Fakultas teknologi informasi
Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam keilmuan Perpustakaan dan Sains Informasi di tingkat nasional yang berbasis teknologi informasi, berkarakteristik Islami, serta berkiprah di fora internasional.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Perpustakaan dan Sains Informasi.
- Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang dapat memberikan sumbangan dalam keilmuan Perpustakaan dan Sains Informasi
- Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Melakukan pengelolaan program studi yang mengacu pada aturan dan standar yang berlaku
- Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi nasional dan internasional.
- Laboratorium Komputer
- Perpustakaan & Ruang Windows of the World
Dosen Fakultas Teknologi Informasi prodi Perpustakaan dan Sains Informasi dapat dilihat pada tautan berikut: Dosen Perpustakaan dan Sains Informasi
Lulusan program studi dapat menjadi:
- Pustakawan Ahli: yaitu profesional yang mampu mengelola perpustakaan dan sumber informasi melalui pengoptimalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar dapat memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para penggunanya. Ciri khas Pustakawan Ahli lulusan Universitas YARSI ada pada karakteristiknya yang Islami dan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi yang dominan sehingga memiliki spesialisasi pada Pustakawan Sistem (System Librarian), Pustakawan Digital (Digital Librarian), Pustakawan Data dan Layanan Penelitian (Open Data and Research Services Librarian). Tempat kerja profesi ini berada di perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan sekolah baik negeri maupun swasta.
- Pengelola Lembaga Informasi: yaitu profesional yang mampu mengelola lembaga informasi agar dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna melalui layanan berbasis analisis, standar, dan pengoptimalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ciri khas Pengelola Lembaga Informasi lulusan Universitas YARSI ada pada karakteristiknya yang Islami dan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi yang dominan sehingga memiliki spesialisasi sebagai Pengelola Arsip Dinamis (Records Professional), Pengendali Dokumen (Document Controller), Analis Data Ilmiah, dan Penata Penerbitan Ilmiah. Tempat kerja profesi ini berada di pusat arsip, dokumentasi, dan informasi yang ada di stasiun televisi, firma hukum, media massa, kedutaan, lembaga penelitian, perusahaan perminyakan, perusahaan pertambangan, dan pusat Informasi yang terdapat di organisasi-organisasi lainnya.
Sebagai Pustakawan Ahli, lulusan program studi dapat berperan sebagai:
- Pustakawan Sistem
- Pustakawan Digital
- Pustakawan Data
- Layanan Penelitian
Kompetensi ketiga peran di atas dapat di baca dalam [SKKNI Nomor 236 Tahun 2019. Unduh Dokumen]. Tempat kerja profesi ini berada di perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan sekolah baik negeri maupun swasta.
Sebagai Pengelola Lembaga Informasi, lulusan program studi dapat berperan sebagai:
- Pengelola Arsip Dinamis
- Pengendali Dokumen
- Analis Data Ilmiah
- Penata Penerbitan Ilmiah.
Kompetensi keempat peran di atas dapat di baca dalam [SKKNI Nomor 236 Tahun 2019. Unduh Dokumen]. Tempat kerja profesi ini berada di pusat arsip, dokumentasi, dan informasi yang ada di stasiun televisi, firma hukum, media massa, kedutaan, lembaga penelitian, perusahaan perminyakan, perusahaan pertambangan, dan pusat Informasi yang terdapat di organisasi-organisasi lainnya.
Kode |
Deskripsi |
S1 |
Mampu menginternalisasi nilai ajaran agama Islam di dalam pekerjaan dan kehidupannya sebagai individu maupun anggota masyarakat |
P1 |
Menguasai filosofis, teori dan konsep serta metode dalam pengembangan layanan informasi, perpustakaan, dan lembaga informasi lainnya |
P2 |
Menguasai teori, konsep, dan metode dalam pengelolaan informasi sesuai fungsi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya |
P3 |
Menguasai teori, konsep, dan metode dalam penggunaan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan dan lembaga informasi lainnya |
P4 |
Menguasai teori, konsep, dan metode dalam pengelolaan, penyelenggaraan, dan pengembangan perpustakaan dan lembaga informasi lainnya sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi |
P5 |
Menguasai metodologi dan kajian dalam bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
P6 |
Menguasai kaidah dan prinsip-prinsip dasar dalam profesi keilmuan, personal skill, lintas fungsi, audiens, sosial, dan budaya |
KU1 |
Mampu menunjukkan kinerja terukur yang terdokumentasi dalam memahami dan mendesain solusi dari suatu permasalahan dengan menggunakan prinsip-prinsip saintifik berasaskan ruhul Islam |
KU2 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun luar lembaganya dengan menjunjung akhlak seorang muslim |
KU3 |
Mampu menggunakan Bahasa Inggris dalam menjalankan profesinya |
KU4 |
Mampu menerapkan keterampilan dasar sebagai seorang muslim |
KK1 |
Mampu mengelola layanan informasi di perpustakaan dan lembaga informasi lainnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi |
KK2 |
Mampu mengelola informasi dengan menggunakan metode yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi berdasarkan analisis fungsi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya |
KK3 |
Mampu menggunakan dan mendukung pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan untuk pengelolaan perpustakaan dan lembaga informasi lainnya berdasarkan analisis kebutuhan pengguna dan lembaga |
KK4 |
Mampu mengelola perpustakaan dan lembaga informasi lainnya dengan inovasi sesuai perkembangan ilmu dan teknologi berdasarkan prinsip yang berlaku |
KK5 |
Mampu menganalisis setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi melalui kajian teoritis dan terapan untuk menyelesaikan permasalahan kelembagaan perpustakaan dan informasi, serta kinerja dan dampaknya dengan menggunakan metode ilmiah melalui komunikasi dan kolaborasi |
KK6 |
Mampu menerapkan dan mengembangkan kaidah, prinsip-prinsip dasar dalam profesi keilmuan, personal skill, lintas fungsi, audiens, sosial, dan budaya |
Semester 1
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KU150011_22 |
Agama 1 – Dasar-dasar dan Sumber Syariat Islam |
2 |
2 |
KK150310_22 |
Dasar-Dasar Teknologi Informasi |
3 |
3 |
KK150210_22 |
Pengantar Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan |
3 |
4 |
KK150510_22 |
Dasar-Dasar Organisasi Informasi |
2 |
5 |
KU150020_22 |
Bahasa Indonesia |
2 |
6 |
KK150110_22 |
Ilmu Sosial Dasar |
2 |
7 |
KU150030_22 |
Bahasa Inggris |
2 |
8 |
KU150040_22 |
Pancasila |
2 |
9 |
KU150810_22 |
Keterampilan Nonteknis 1 |
2 |
Semester 2
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KU150012_2 |
Agama 2 – Fiqih Ibadah |
1 |
2 |
KK150520_22 |
Metadata untuk Temu Balik Informasi |
3 |
3 |
KK150530_22 |
Taksonomi dan Klasifikasi Pengetahuan |
3 |
4 |
KK150320_22 |
Manajemen Basis Data |
3 |
5 |
KU150050_22 |
Kewarganegaraan |
2 |
6 |
KK150730_22 |
Pengembangan Budaya Baca |
2 |
7 |
KK150820_22 |
Literasi Informasi dan Media |
3 |
8 |
KK150330_22 |
Otomasi Perkantoran |
2 |
Semester 3
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KU150013_22 |
Agama 3 – Fiqih Muamalah dan Munakahah |
1 |
2 |
KK150340_22 |
Aplikasi Teknologi Informasi |
2 |
3 |
KK150540_22 |
Kosa Kata Indeks |
2 |
4 |
KK150550_22 |
Preservasi Informasi dan Konservasi Media |
2 |
5 |
KK150560_22 |
Manajemen Sumber Daya Informasi |
2 |
6 |
KK150130_22 |
Keamanan Informasi |
2 |
7 |
KK150350_22 |
Teknologi Grafis dan Mulitmedia |
2 |
8 |
KK150410_22 |
Penulisan Akademik |
2 |
9 |
KK150710_22 |
Kemas Ulang dan Pemasaran Informasi |
2 |
10 |
KK150610_22 |
Manajemen Lembaga Informasi |
3 |
Semester 4
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KU150014_22 |
Agama 5 – Sejarah dan Pemikiran Islam |
1 |
2 |
KU150060_22 |
Kewirausahaan |
2 |
3 |
KK150570_22 |
Indeks dan Abstrak |
2 |
4 |
KK150720_22 |
Perilaku Informasi |
2 |
5 |
KK150350_22 |
Otomasi Perpustakaan |
2 |
6 |
KK150730_22 |
Jasa Rujukan dan Informasi |
2 |
7 |
KK150370_22 |
Teknologi Internet dan Web |
2 |
8 |
KK150830_22 |
Komunikasi dan Etika Profesional Informasi |
3 |
9 |
KK150420_22 |
Statistik |
2 |
10 |
KK150140_22 |
Aspek Hukum dalam Informasi |
2 |
Semester 5
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KK150910_22 |
Agama 6 – Tahsin |
1 |
2 |
KK150380_22 |
Sistem Informasi Manajemen |
2 |
3 |
KK150430_22 |
Metode Penelitian Kuantitatif |
2 |
4 |
KK150620_22 |
Manajemen Pengetahuan |
2 |
5 |
KK150390_22 |
Sistem Jaringan Informasi |
2 |
6 |
KK150311_22 |
Manajemen Perpustakaan Digital |
2 |
7 |
KK150440_22 |
Metode Penelitian Kualitatif |
2 |
8 |
KK140740_22 |
Layanan Informasi untuk Kelompok Permustaka |
3 |
9 |
KK150580_22 |
Manajemen Rekod |
2 |
10 |
KK150840_22 |
Manajemen Pendidikan dan Pelatihan |
2 |
Semester 6
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KK150312_22 |
Manajemen Teknologi Lembaga Informasi |
9 |
2 |
KK150511_22 |
Kecerdasan Data Untuk Pustakawan |
9 |
3 |
KK150450_22 |
Penulisan Proposal Tugas Akhir |
2 |
4 |
|
Program MBKM (Alternatif) |
2-20 |
Semester 7
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KK150460_22 |
Praktek Kerja Lapangan |
3 |
2 |
KK150470_22 |
Kuliah Kerja Nyata |
3 |
3 |
KK150630_22 |
Tata Kelola Informasi |
3 |
4 |
KK150590_22 |
Manajemen Infromasi dan Dokumen Organisasi |
9 |
5 |
KK150640_22 |
Keterampilan Nonteknis 2 |
2 |
6 |
|
Program MBKM (Alternatif) |
2-20 |
Semester 8
No |
Kode |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
KK150920_22 |
Thafidz dan Tadabbur |
1 |
2 |
KK150480_22 |
Tugas Akhir |
6 |
3 |
KK150750_22 |
Informasi Kesehatan |
2 |
4 |
KK150650_22 |
Desain Gedung dan Tata Ruang Perpustakaan |
2 |
Semester | 1 | 2-5 | 6-7 | 8 | |
Alternatif 1 | 9 Mata Kuliah (20 SKS) |
46 Mata Kuliah (119 SKS) |
4 Mata Kuliah (11 SKS) |
||
Metode | Luring | Pertemuan 1: Luring Pertemuan 2-7: Daring Pertemuan 8-18*: Luring *) termasuk pekan UTS dan UAS |
Luring | ||
Alternatif 2 | – | – | Program Kampus Merdeka (40 SKS) atau Lintas Program Studi (20 SKS) | – |
|
Metode | – | – | Mengikuti kebijakan pelaksana kegiatan (domainasi luring) | – |
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas YARSI untuk Program Sarjana (S1), Pascasarjana (S2 dan S3), dan Spesialis (Sp) diselenggarakan melalui Seleksi Berbasis Rapor (S1) dan Seleksi Nilai Transkrip (S2, S3, Sp). Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas YARSI dapat dilihat di situs web pmb.yarsi.ac.id
Are you a foreign applicant and want to study at Universitas YARSI? Find information about requirements and procedures via OFFICE FOR INTERNATIONAL AFFAIRS