Fakultas teknologi informasi
Program Sarjana

perpustakaan dan sains informasi

s1  perpustakaan dan sains informasi

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam keilmuan Perpustakaan dan Sains Informasi di tingkat nasional yang berbasis teknologi informasi, berkarakteristik Islami, serta berkiprah di fora internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Perpustakaan dan Sains Informasi.
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang dapat memberikan sumbangan dalam keilmuan Perpustakaan dan Sains Informasi
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  4. Melakukan pengelolaan program studi yang mengacu pada aturan dan standar yang berlaku
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi nasional dan internasional.
  1. Laboratorium Komputer
  2. Perpustakaan & Ruang Windows of the World

Dosen Fakultas Teknologi Informasi prodi Perpustakaan dan Sains Informasi  dapat dilihat pada tautan berikut: Dosen Perpustakaan dan Sains Informasi

Lulusan program studi dapat menjadi:

  1. Pustakawan Ahli: yaitu profesional yang mampu mengelola perpustakaan dan sumber informasi melalui pengoptimalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar dapat memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para penggunanya. Ciri khas Pustakawan Ahli lulusan Universitas YARSI ada pada karakteristiknya yang Islami dan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi yang dominan sehingga memiliki spesialisasi pada Pustakawan Sistem (System Librarian), Pustakawan Digital (Digital Librarian), Pustakawan Data dan Layanan Penelitian (Open Data and Research Services Librarian). Tempat kerja profesi ini berada di perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan sekolah baik negeri maupun swasta.
  2. Pengelola Lembaga Informasi: yaitu profesional yang mampu mengelola lembaga informasi agar dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna melalui layanan berbasis analisis, standar, dan pengoptimalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ciri khas Pengelola Lembaga Informasi lulusan Universitas YARSI ada pada karakteristiknya yang Islami dan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi yang dominan sehingga memiliki spesialisasi sebagai Pengelola Arsip Dinamis (Records Professional), Pengendali Dokumen (Document Controller), Analis Data Ilmiah, dan Penata Penerbitan Ilmiah. Tempat kerja profesi ini berada di pusat arsip, dokumentasi, dan informasi yang ada di stasiun televisi, firma hukum, media massa, kedutaan, lembaga penelitian, perusahaan perminyakan, perusahaan pertambangan, dan pusat Informasi yang terdapat di organisasi-organisasi lainnya.

Sebagai Pustakawan Ahli, lulusan program studi dapat berperan sebagai:

  1. Pustakawan Sistem
  2. Pustakawan Digital
  3. Pustakawan Data
  4. Layanan Penelitian

Kompetensi ketiga peran di atas dapat di baca dalam [SKKNI Nomor 236 Tahun 2019. Unduh Dokumen]. Tempat kerja profesi ini berada di perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan sekolah baik negeri maupun swasta.

Sebagai Pengelola Lembaga Informasi, lulusan program studi dapat berperan sebagai:

  1. Pengelola Arsip Dinamis
  2. Pengendali Dokumen
  3. Analis Data Ilmiah
  4. Penata Penerbitan Ilmiah.

Kompetensi keempat peran di atas dapat di baca dalam [SKKNI Nomor 236 Tahun 2019. Unduh Dokumen]. Tempat kerja profesi ini berada di pusat arsip, dokumentasi, dan informasi yang ada di stasiun televisi, firma hukum, media massa, kedutaan, lembaga penelitian, perusahaan perminyakan, perusahaan pertambangan, dan pusat Informasi yang terdapat di organisasi-organisasi lainnya.

Kode

Deskripsi

S1

Mampu menginternalisasi nilai ajaran agama Islam di dalam pekerjaan dan kehidupannya sebagai individu maupun anggota masyarakat

P1

Menguasai filosofis, teori dan konsep serta metode dalam pengembangan layanan informasi, perpustakaan, dan lembaga informasi lainnya

P2

Menguasai teori, konsep, dan metode dalam pengelolaan informasi sesuai fungsi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya

P3

Menguasai teori, konsep, dan metode dalam penggunaan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan dan lembaga informasi lainnya

P4

Menguasai teori, konsep, dan metode dalam pengelolaan, penyelenggaraan, dan pengembangan perpustakaan dan lembaga informasi lainnya sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi

P5

Menguasai metodologi dan kajian dalam bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi

P6

Menguasai kaidah dan prinsip-prinsip dasar dalam profesi keilmuan, personal skill, lintas fungsi, audiens, sosial, dan budaya

KU1

Mampu menunjukkan kinerja terukur yang terdokumentasi dalam memahami dan mendesain solusi dari suatu permasalahan dengan menggunakan prinsip-prinsip saintifik berasaskan ruhul Islam

KU2

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun luar lembaganya dengan menjunjung akhlak seorang muslim

KU3

Mampu menggunakan Bahasa Inggris dalam menjalankan profesinya

KU4

Mampu menerapkan keterampilan dasar sebagai seorang muslim

KK1

Mampu mengelola layanan informasi di perpustakaan dan lembaga informasi lainnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

KK2

Mampu mengelola informasi dengan menggunakan metode yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi berdasarkan analisis fungsi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya

KK3

Mampu menggunakan dan mendukung pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan untuk pengelolaan perpustakaan dan lembaga informasi lainnya berdasarkan analisis kebutuhan pengguna dan lembaga

KK4

Mampu mengelola perpustakaan dan lembaga informasi lainnya dengan inovasi sesuai perkembangan ilmu dan teknologi berdasarkan prinsip yang berlaku

KK5

Mampu menganalisis setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi melalui kajian teoritis dan terapan untuk menyelesaikan permasalahan kelembagaan perpustakaan dan informasi, serta kinerja dan dampaknya dengan menggunakan metode ilmiah melalui komunikasi dan kolaborasi

KK6

Mampu menerapkan dan mengembangkan kaidah, prinsip-prinsip dasar dalam profesi keilmuan, personal skill, lintas fungsi, audiens, sosial, dan budaya

Semester 1

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KU150011_22

Agama 1 – Dasar-dasar dan Sumber Syariat Islam

2

2

KK150310_22

Dasar-Dasar Teknologi Informasi 

3

3

KK150210_22

Pengantar Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan 

3

4

KK150510_22

Dasar-Dasar Organisasi Informasi 

2

5

KU150020_22

Bahasa Indonesia

2

6

KK150110_22

Ilmu Sosial Dasar

2

7

KU150030_22

Bahasa Inggris

2

8

KU150040_22

Pancasila

2

9

KU150810_22

Keterampilan Nonteknis 1

2

Semester 2

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KU150012_2

Agama 2 – Fiqih Ibadah

1

2

KK150520_22

Metadata untuk Temu Balik Informasi

3

3

KK150530_22

Taksonomi dan Klasifikasi Pengetahuan 

3

4

KK150320_22

Manajemen Basis Data 

3

5

KU150050_22

Kewarganegaraan 

2

6

KK150730_22

Pengembangan Budaya Baca

2

7

KK150820_22

Literasi Informasi dan Media

3

8

KK150330_22

Otomasi Perkantoran

2

Semester 3

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KU150013_22

Agama 3 – Fiqih Muamalah dan Munakahah

1

2

KK150340_22

Aplikasi Teknologi Informasi

2

3

KK150540_22

Kosa Kata Indeks

2

4

KK150550_22

Preservasi Informasi dan Konservasi Media

2

5

KK150560_22

Manajemen Sumber Daya Informasi

2

6

KK150130_22

Keamanan Informasi

2

7

KK150350_22

Teknologi Grafis dan Mulitmedia

2

8

KK150410_22

Penulisan Akademik

2

9

KK150710_22

Kemas Ulang dan Pemasaran Informasi

2

10

KK150610_22

Manajemen Lembaga Informasi

3

Semester 4

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KU150014_22

Agama 5 – Sejarah dan Pemikiran Islam

1

2

KU150060_22

Kewirausahaan

2

3

KK150570_22

Indeks dan Abstrak

2

4

KK150720_22

Perilaku Informasi

2

5

KK150350_22

Otomasi Perpustakaan

2

6

KK150730_22

Jasa Rujukan dan Informasi

2

7

KK150370_22

Teknologi Internet dan Web

2

8

KK150830_22

Komunikasi dan Etika Profesional Informasi

3

9

KK150420_22

Statistik

2

10

KK150140_22

Aspek Hukum dalam Informasi

2

Semester 5

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KK150910_22

Agama 6 – Tahsin

1

2

KK150380_22

Sistem Informasi Manajemen

2

3

KK150430_22

Metode Penelitian Kuantitatif

2

4

KK150620_22

Manajemen Pengetahuan

2

5

KK150390_22

Sistem Jaringan Informasi

2

6

KK150311_22

Manajemen Perpustakaan Digital

2

7

KK150440_22

Metode Penelitian Kualitatif

2

8

KK140740_22

Layanan Informasi untuk Kelompok Permustaka

3

9

KK150580_22

Manajemen Rekod

2

10

KK150840_22

Manajemen Pendidikan dan Pelatihan

2

Semester 6

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KK150312_22

Manajemen Teknologi Lembaga Informasi

9

2

KK150511_22

Kecerdasan Data Untuk Pustakawan

9

3

KK150450_22

Penulisan Proposal Tugas Akhir

2

4

 

Program MBKM (Alternatif)

2-20

Semester 7

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KK150460_22

Praktek Kerja Lapangan

3

2

KK150470_22

Kuliah Kerja Nyata

3

3

KK150630_22

Tata Kelola Informasi

3

4

KK150590_22

Manajemen Infromasi dan Dokumen Organisasi

9

5

KK150640_22

Keterampilan Nonteknis 2

2

6

 

Program MBKM (Alternatif)

2-20

Semester 8

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KK150920_22

Thafidz dan Tadabbur

1

2

KK150480_22

Tugas Akhir

6

3

KK150750_22

Informasi Kesehatan

2

4

KK150650_22

Desain Gedung dan Tata Ruang Perpustakaan

2

Semester 1 2-5 6-7 8
Alternatif 1 9 Mata Kuliah
(20 SKS)
46 Mata Kuliah
(119 SKS)
4 Mata Kuliah
(11 SKS)
Metode Luring Pertemuan 1: Luring
Pertemuan 2-7: Daring
Pertemuan 8-18*: Luring
*) termasuk pekan UTS dan UAS
Luring
Alternatif 2 Program Kampus Merdeka (40 SKS) atau Lintas Program Studi (20 SKS)

Metode Mengikuti kebijakan pelaksana kegiatan (domainasi luring)

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas YARSI untuk Program Sarjana (S1), Pascasarjana (S2 dan S3), dan Spesialis (Sp) diselenggarakan melalui Seleksi Berbasis Rapor (S1) dan Seleksi Nilai Transkrip (S2, S3, Sp). Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas YARSI dapat dilihat di situs web pmb.yarsi.ac.id

Are you a foreign applicant and want to study at Universitas YARSI? Find information about requirements and procedures via OFFICE FOR INTERNATIONAL AFFAIRS