Sukses Kolaborasi Abdimas Yarsi dengan Unimas di Lapas dan Sekolah Lansia, Bravo Lanjutkan

Niat Universitas Yarsi berkolaborasi dengan University Malaysia (Unimas) Serawak  akhirnya terwujud ,Rabu, 25 September 2024. Lewat  Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Satyagatra), Fakultas Psikologi dan Fakultas Kedokteran (FKUY),kolaborasi berupa pengabdian masyarakat pada dua tempat, Sekolah Lansia Mahira Kirana, Cakung Timur dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu Jakarta.

Wakil Rektor III  Universitas Yarsi, Dr. Octaviani Indrasari Ranakusuma, M.Si,Psi (doktor Octaviani) menerangkan,  pengabdian masyarakat(Abdimas) berupa edukasi,dan layanan kesehatan berupa pemeriksaan darah untuk gula darah sewaktu, kolesterol dan asam urat.

Pada Sekolah Lansia diusung tema edukasi tentang Percaya Diri Walau Menua , Nutrisi dimasa Lansia dan Self Esteem Masa Lansia. Menjadi narasumber Prof. Madya Dr. Sopian Bujang, FCSHD dari Unimas , Dr. dr. Sri Wuryanti, SpGK dan Titi Sahidah Fitriana, Ph.D, Psikolog dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi Universitas Yarsi . Materi  diberikan sesuai kebutuhan peserta didik di Sekolah Lansia dan sesuai kurikulum Sekolah Lansia.

Sedangkan di Lapas tema materinya Berdamai dengan Masa Lalu, Kasih Diri, Cinta Semua” dan Resiliensi (Berdamai Dengan Hati, dan Bangkit Menyusun Rencana Masa Depan) , Narasumbernya Nur Fatihah bt Abdulah Bandar dan Prof. madya dr. Amalia Madohe dari Unimas. Sedangkan dari Universitas Yarsi,Ratih Aruumm Listiyandini, Ph.D, Psikolog, dari Universitas Yarsi.

”Materi diberikan seluruhnya hasil asasment bersama petugas Lapas menangani warga binaan (narapidana),” terang Doktor Octaviani,

Alumnus Doktor Universitas Indonesia merasa senang. Pasalnya seluruh rangkaian acara berjalan  lancar ,meriah dan sukses. Peserta hadir melebih target dan semuanya  antusiasme mengikuti edukasi. Banyaknya pertanyaan diajukan kepada pemateri membuat peserta berkesan dan bermanfaat.

Adanya games dan pemberian hadiah berupa souvenir dari Unimas serta diberikan donasi pembelian buku-buku perpustakaan  untuk di Lapas dan sekolah lansia. membuat suasana tambah seru,gembira tidak monoton

Ditambahkannya, Abdimas bertujuan meningkatkan pengetahuan sesuai kebutuhan dan layanan kesehatan gratis telah tercapai. Abdimas semacam ini, berkolaborasi beberapa pihak kedapannya akan banyak dilakukan Universitas Yarsi dan mitra kerja perguruan tinggi lainnya dalam dan luar negeri.

Komitmen Universitas Yarsi mencerdaskan kehidupan bangsa dan tingkatkan kesejahteraan masyarakat patut didukung dan di contoh. ”Bravo Universitas Yarsi dan Unimas,” tutup doktor Octaviani (usman)