Fakultas Hukum dengan Asia Center Gelar Digital Security Training, Peserta Antusias Bertanya

Jumat lalu ada satu kegiatan istimewa di Universitas Yarsi. Fakultas Hukum Universitas Yarsi (FHUY)  bekerjasama dengan Asia Center (Thailand), menggelar Digital Security Training  (Pelatihan Keamanan Digital) Asia Pacific. Pelatihan dibimbing Direktur Regional Asia Centre, Mr. James Gomez, Ph.D . Peserta tidak dipungut biaya alias gratis.

Acara dibuka Dekan FHUY Dr. Mohammad Ryan Bakry,S.H.,M.H (Doktor Ryan). Peserta selain mahasiswa dan mitra kerja ,juga para dosen FHUY. Perhelatan ini disambut antusias dari para mahasiswa dan dosen. Hingga acara berakhir jumlah peserta bertambah.

Doktor Ryan mengatakan, pelatihan ini menjadi momentum luar biasa, karena FHUY termasuk bagian dari 12 negara menggelar Digital Security Training   sedang berlangsung. FHUY mendapat mandat melaksanakan event ini outputnya bukan  hanya dapat pengetahuan tetapi juga dapat sertifikat internasional, berharga bagi peserta.

Dekan meminta kegiatan ini harus menjadi suatu hal perlu diulang terus untuk ditingkatkan agar pemanfaatannya lebih banyak. Selain itu, kehadiran  Mr. James Gomez selalu ada hal-hal baru, tentunya bisa bermanfaat lebih bagi peserta. “Selamat mengikuti acara, raih lah pengetahuan dan wawasan sebanyaknya”tutup Doktor Ryan, Jumat 4 Oktober di Universitas Yarsi.

Dosen FHUY, sekaligus ketua panitia, Dr. Nurul Fajri Chikmawati, S.H.,M.H (doktor Nurul ) menjelaskan, training ini bertujuan membekali individu (mahasiswa)pengetahuan keamanan digital  dari  gangguan serangan siber dan ancaman online berisiko tinggi di negara-negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Kemudian memastikan kehadiran digital  dimiliki terlindungi.

Dalam pelatihan, para peserta akan mendapatkan pengetahuan teknik-teknik mengamankan data di komputer dan telepon genggam sehingga mendapat tambahan pengetahuan memproteksi data. Menurut Doktor Nurul,pelatihan diselenggarakan bekerja sama dengan Google Asia Pasifik dan Universitas Yarsi

Mr. James sebagai pembimbing banyak memberikan wawasan dan pengetahuan berguna seperti jenis ancaman keamanan digital berupa mis atau disinformasi, pencurian kredensial ( phishing, pelanggaran data, malware dan doxing) serta serangan penolakan layanan terdistribusi(DdoS).

Kemudian Mr.James juga memberikan jenis perlindungan dari ancaman digital seperti perlindungan bawaan google, manajemn kata sandi, passkey,program perlindungan tingkat lanjut , proyek shield  serta tidak lupa tips dan referensi keamanan tambahan terhadap ancaman digital..

Sebelum berakhirnya pelatihan Mr.James memberikan kesempatan peserta bertanya,dan peserta  antusias melemparkan pertanyaan.(usman)