FKG Gelar Lagi YASMINE, Wahana Belajar dan Tambah Keterampilan , Harus Berlanjut

Selamat, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Yarsi (FKGUY) sukses menggelar Yarsi Scientific Meeting and Exhibition(YASMINE) 2024. FKGUY hebat, berusia 12 tahun sudah bisa lagi gelar  perhelatan ilmiah bagi dokter gigi se-Indonesia  Aksi ini  patut dicontoh bagi seluruh program studi (Prodi) di Universitas Yarsi.

Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi (FKUY) berusia 57 Tahun belum pernah menggelar event scientific meeting and exhibition internasional di Universitas Yarsi, mendatangkan banyak sekali pembicara hebat dari berbagai daerah. Kedepan FKUY harus bisa melaksanakan kegiatan serupa ini . ” YASMINE ini jangan hanya milik fakultas kedokteran gigi (FKG) tapi milik semua Prodi,” pinta Ketua Dewan Pembina Yayasan Yarsi, Prof.dr.Jurnalis Uddin, P.A.K. saat meresmikan YASMINE 2024,di Universitas Yarsi , Jumat, 22 September 2024

Ditambahkannya,pada masa akan datang harus ada event YASMINE fakultas kedokteran, fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas teknologi informasi dan seterusnya sesuai Prodi di Universitas Yarsi.

YASMINE ketiga bukan hanya  wahana belajar dan  tambah wawasan, tetapi juga menambah keterampilan para dokter gigi dan mahasiswa kedokteran gigi. Acara ini pasti bermanfaat dan harus terus dilanjutkan. Setiap kegiatan memajukan dan mengembangkan pengetahuan  mahasiswa dan dosen, Yayasan Yarsi siap mendukung.” Semoga pelaksanaan kegiatan ini menjadi amal sholeh,”tutup Prof Jurnalis.

Setuju dengan Prof Jurnalis, Dekan FKGUY, Prof. Dr. Bambang S Trenggono, drg., M.Biomed (Prof Bambang) , menyatakan,YASMINE jangan hanya digelar FKG saja. YASMINE milik Yarsi jadi semua boleh menggunakan namanya.

Lebih lanjut Prof Bambang menjelaskan, FKGUY baru  berulang tahun ke-12. Salah satu kegiatannya  mengadakan YASMINE berupa pameran alat-alat kedokteran gigi. Ciri khas dokter gigi  tidak lepas dari alat-alat kedokteran gigi. Jika dia praktek harus cukup alat-alatnya,walaupun dokternya hebat , dia tergantung pada alat. ” Dokter gigi itu tidak lepas alat-alat dan selalu berhubungan,” terang Prof Bambang punya hobi melukis ,

Kemudian YASMINE  2024  ketiga kalinya diisi dengan simposium internasional mendatangkan para pembicara hebat, antara lain  Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) sekaligus Dekan FKG Universitas Gadjah Mada ,Prof.Suryono,arg.,S.H., M.M., Ph.D.( Prof Suryono), Ketua Kolagium dokter gigi indonesia (KDGI) ,Prof. drg. Armasastra Bahar.

Menurut Prof Bambang  YASMINE sebagai wahana pembelajaran dan nambah keterampilan bagi dokter gigi dan mahasiswa kedokteran gigi sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri serta mendapatkan update tips dan trik seputar kegiatan dunia kedokteran gigi.Tentunya lewat YASMINE terbangun silaturahim dokter gigi seluruh Indonesia dan tumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap FKGUY.

Sependapat dengan Dekan FKGUY,  Ketua AFDOKGI Prof.Suryono menambahkan, Acara YASMINE bagus, sebagai wadah berbagi ilmu dan tambah keterampilan dalam dunia kedokteran gigi.

Selain itu, YASMINE harus bisa dilanjutkan setiap tahun dan dikembangkan. Bagi para junior dokter gigi  dan mahasiswa kedokteran gigi ini sebagai ajang berlatih  managerial, hendaknya manfaat kesempatan ini

Terkait Profesi dokter gigi, Prof Suyono mengatakan, perkembangan dokter gigi di Indonesia cerah. dokter gigi mau jadi pendidik (dosen), peneliti dan praktisi cukup dibutuhkan. Saat ini Puskesmas jumlahnya banyak. hampir 2000 puskesmas butuh dokter gigi, terlebih di daerah tertinggal , terdepan dan terluar .

Prof Suyono bercerita, pernah buka lowongan dosen kedokteran gigi di Universitas Gajah Mada (UGM) ternyata dari 13 slot, yang daftar hanya 6 dokter gigi. Lalu diseleksi administrasi hanya 3 orang memenuhi persyaratan dan belum seleksi keilmuan atau profesi. ”Jadi kesempatan kerja dokter gigi sebagai pendidik dan praktisi luas dan besar,” tutur Dekan FKG UGM

”YASMINE sangat bermanfaat ,bisa menambah bekal kualitas dokter gigi sebagai pendidik, peneliti dan praktisi,” tutup Prof Suyono.

Setuju dengan Prof Suyono, Ketua Kolagium Dokter Gigi Indonesia (KDGI) ,Prof Armasastra , penyeleggaraan YASMINE oleh FKGUY luar istimewa dan bisa meningkatkan kompetensi pengetahuan bagi para mahasiswa,dosen dan sejawat dokter gigi. Selain itu lewat  berbagai acara ilmiahnya bisa saling berbagi. ”Sukses untuk FKGUY,” tutup Prof Armasastra. (Usman)