IDSSC 2024 di Batusangkar, FKG Universitas Yarsi Raih Emas

Nawaitu Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Yarsi (FKGUY)  untuk meraih gold  (emas) dalam kompetisi International Dental Student Summer Camp (IDSSC) 2024 akhirnya terwujud. Perhelatan di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat menggapai emas tidak serta merta, tapi ada ikhtiar.

Wakil Dekan III FKGUY, drg.Djuned Prasonto,Sp.KGA (dokter gigi Djuned) menjelaskan, FKGUY menerjunkan 16 mahasiswa berasal dari program sarjana dan profesi. Kemenangan merebut emas untuk kategori poster merupakan buah hasil usaha dari  persiapan ide, materi presentasi serta latihan presentasi lewat pembimbing dari dosen drg. Wastuti dan drg. Djuned Prasonto.” Insya Allah prestasi ini akan akan dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” janji dokter gigi Djuned, di Jakarta kemarin.

Lebih lanjut, IDSSC merupakan event bertujuan memperkuat kerjasama antar mahasiswa fakultas kedokteran gigi se-Indonesia dan negara lain. Kemudian sebagai wadah pertukaran pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi antar mahasiswa fakultas kedokteran gigi (FKG) di Indonesia dan negara lain.

IDSSC juga mempunyai tujuan melaksanakan kerjasama kesehatan gigi dan mulut komunitas di kalangan mahasiswa FKG di Indonesia dan negara lain. Serta pertunjukan seni budaya dan post student camp wisata Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Dalam IDSSC 2024  banyak agenda dilakukan , termasuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta sikat gigi bersama. Pengabdian ini  dilaksanakan di 6 sekolah dasar negeri di Batusangkar dengan peserta lebih 380 siswa-siswi. Selain itu juga dilaksanakan pengambilan data untuk penelitian.

Khusus bidang pendidikan, kegiatan IDSSC 2024 melaksanakan mini seminar dengan tema Future Dentistry, menghadirkan pembicara dari Malaysia dan Indonesia serta diikuti hampir 250 peserta

Perjamuan ini bagi FKGUY menjadi istimewa karena hadir selain Dekan FKGUY, Prof. Bambang S. Trenggono, drg., MBiomed  dan Rektor Universitas Yarsi, Prof.dr.Fasli Jalal,Ph.D, turut pula  hadir   Ketua Pembina Yayasan Yarsi ,Prof. dr. H. Jurnalis Uddin, PAK , beserta ibu Hj. Zoraida Jurnalis, Ketua Pengurus Yayasan Yarsi,dr. Shanti Jurnalis, SpA, Mkes, dan Direktur PT Innocreative menaungi RS dan RSGM Yarsi(usman)