Google dan Ragam PT Study Tour Ke Yarsi,Kampusnya Moderen, Alat Pembelajaran Mutahir

Saat komunikasi ,jika ada orang mengangkat dan menunjukan jempol kanan keatas,menurut pandangan masyarakat artinya seorang  sedang memberikan penilaian baik ,bagus, luar biasa  hebat dan sempurna . Itu pula selalu Universitas Yarsi terima acungan ibu jari kanan keatas dari mereka telah berkunjung dan bertamu.

Para tamu menyebutkan Universitas Yarsi luar biasa, gedungnya mewah serupa hotel bintang lima dan bersih. Ditambah sambutan pertama diberikan petugas garda depan ( security dan reception) ramah, simpatik dan bersahabat sehingga para tamu nyaman .

Universitas Yarsi hampir setiap minggu lebih dari dua kali menerima rombongan berkunjung study banding (study tour). Tamu datang beragam. Dari organisasi, lembaga pendidikan perguruan tinggi swasta dan negeri serta perusahaan swasta (PT) dan pemerintah. Asal mereka  dari Jakarta, luar ibu kota  dan luar negeri.

Hingga kini sudah tidak terhitung jumlah tamu berkunjung ke Universitas Yarsi. Nikshepa Thippeswami (Niki) dan Surabi Konadur Ramakhrisna Kanti (Surabi) diantaranya. Dua orang prempuan berprofesi dosen dari Dayananda Sagar Academy of Technology and Management (DSATM) Bangalore,India.

Mereka saat tiba di Yarsi menyatakan, kagum karena gedungnya besar dengan banyak fasilitas dan populasi mahasiswa lebih besar  Memiliki fasilitas perpustakaan, majalah, dan sumber daya elektronik luar biasa. ” Kami senang berkunjung ke Universitas Yarsi,” ujar dosen DSATM

Sependapat dengan dosen DSATM, Prof Emeritus Husna dari Open University Malaysia menambahkan, kami ke Universitas Yarsi  selain study tour juga bertujuan kolaborasi akademik dan memperkenalkan program Open University Malaysia dijalankan jarak jauh (Open Distance Learning) dalam tiga fakultas, dan semua perogram, diploma, sarjana, majister dan doktoral . ”saya takjub dan terpesona masuk Universitas Yarsi dan melihat sarana dan wahana yang sudah dimiliki,” serunya

Tidak hanya dari luar negeri, dari dalam negeri yang berkunjung berpendapat sama. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM ,Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Maktub, S.H, M.H berkunjung dan study tour ke universitas berusia 57 tahun .

”Kunjungan ke Yarsi selain meneropong fasilitas belajar mengajar, juga dalam rangka rencana kolaborasi dengan FH Yarsi menggunakan laboratorium perancangan (Lab Rancangan) milik Universitas Yarsi.” Fokus kami pada Fakultas Hukum Universitas Yarsi (FHUY),” terang Maktub.

Maktub menyatakan, kagum dan bangga pada Universitas Yarsi. gedungnya besar dan bersih , fasilitasnya luar biasa. Fakultas Hukum Yarsi hebat dan luar biasa (wow keren) dan sangat layak diapresiasi karena satu-satunya perguruan tinggi  di Indonesia memiliki laboratorium perancangan hukum  levelnya sudah internasional. ”Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM  DKI Jakarta akan ATM (amati, tiru dan membangun) dari FHUY.,”ujarnya.

Sementara Ketua Yayasan Universitas Sari Mulia Banjarmasin,Aizar Soedarto B.Sc, MBA menjelaskan, pertama kami berkunjung studi tour ke Universitas Yarsi, karena sangat familiar dan sudah dikenal di masyarakat. Kedua Yarsi memiliki prestasi, kemajuan dan pengembangan pesat dan signifikan dari berbagai aspek sarana dan prasarananya. Ketiga indikator-indikator kinerja tridarma Universitas Yarsi telah diakui pula di dunia internasional termasuk dengan aneka program unggulan. Dan menjadi senang lagi sambutan dari Yarsi sangat kekeluargaan. ” Jadi kami mengucapkan terima kasih diterima berkunjung” tuturnya

Sedangkan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (FK UNNES) datang ke Universitas Yarsi fokusnya pada Fakultas Kedokteran.Universitas Yarsi (FKUY) ingin benchmarking (studi banding) terkait banyaknya pengalaman Yarsi. Termasuk kurikulum, sistim pembelajaran,sarana dan prasarana hingga pendidikan kedokteran.Selain itu studi banding ini wadah bisa saling mengisi berbagai pengetahuan dan pengalaman. “ Lewat kunjungan FK UNNES ingin  jadi unggul sesuai visi dan misi,” harap Wadek I UNNES

Doktor Sri menyampaikan terima kasih FKUY  dan Universitas Yarsi telah diajak berkunjung ke ruang keterampilan klinis, ruang tutorial, laboratorium anatomi, klinik Yarsi , ruang computer based test, perpustakaan dan beberapa laboratorium FKUY.

 

Selanjutnya, diantara banyaknya perusahaan telah berkunjung, Google salah satunya. Strategic Partner Manager Chrome OS Indonesia, Ganis Samoedra Murharyono menyatakan senang berkunjung ke Universitas Yarsi, seperti di laboratorium artificial intelligence, laboratorium perancangan hukum  levelnya sudah internasional, laboratorium genomic. ”Universitas Yarsi  merupakan perguruan tinggi swasta(PTS) punya media, perangkat pembelajaran moderen dan mutahir,” serunya

Saat Studi tour Google memperkenalkan transformasi digital dalam pembelajaran , bagaimana mahasiswa belajar dan dosen mengajar serta transformasi  memaksimalkan potensi mahasiswa. Kemudian Google for Education serta pemanfaatan chromebook dan akun dalam kolaborasi antar kelas,

Pemaparan dari tim Google dilanjutkan sesi diskusi. Google juga mengundang yayasan, pimpinan, dosen, mahasiswa berkunjung ke kantor Jakarta lalu kerjasama dengan Universitas Yarsi,” cakap Ganis

Rektor Universitas Yarsi,Prof.dr.Fasli Jalal,Ph.D mengucapkan selamat datang dan terima kasih mau berkunjung di Universitas Yarsi. Universitas ini kini memiliki 7 Fakultas terdiri dari kedokteran, kedokteran gigi, hukum, ekonomi bisnis, teknologi informasi, Psikologi dan Pascasarjana serta 14 program studi.

Semua laboratorium di Yarsi dibuat moderen. Khusus laboratorium pembelajaran beracara bukan hanya  moderen  tapi ada televisi dan komputer berteknologi canggih. Begitu pula Perpustakaan Yarsi termasuk kreteria perpustakaan baik karena sesuai standar nasional memenuhi enam komponen. Mulai koleksi, sarana dan prasarana, layanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan atau managemen dan pustakanya dengan komponen penguat lainnya.

Selanjutnya memenuhi undang Google Rektor Universitas Yarsi, Ketua Pembina Yayasan Yarsi, Prof dr.Jurnalis Uddin,PAK, Ketua Harian Yayasan Yarsi, dr.Shanti Jurnalis, DSA, direktur Pembelajaran Jarak Jauh, Andreas Febrian, Ph.D dan timnya berkunjung balasan ke kantor Google Jakarta. Target kunjungannya terjalin kerjasama dan Universitas yarsi bisa mengadopsi sistem kerja dan sarana futuristik(Usman).