Wisuda Semester Ganjil 2023/2024,Yarsi Hadirkan Qoriah Juara Internasional Erin Zelia

Umumnya, acara wisuda sarjana dan pascasarjana suatu perguruan tinggi diisi aneka sambutan, orasi ilmiah serta penyebutan nama peserta dan indeks prestasi wisuda.

Di Universitas Yarsi, kegiatan wisuda sarjana dan pascasarjana semester ganjil 2023/2024 ada penampilan mencuri perhatian orang banyak. Universitas berusia 57 tahun menghadirkan juara satu tilawah anak-anak pada musabaqah tilawatil quran(MTQ) Internasional di Qatar dan juara satu di Aljazair,  Erin Zelia Nawawi.

Gadis asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara, membacakan Alquran surat Al-Anam dengan lantunan qiroaat yang pasih bergelombang ,suaranya menggema seolah dinding auditorium wisuda bergetar.Selain membaca Alquran, Erin menampilkan shalawat nabi diikuti oleh group mahasiswa

Sehari sebelum wisuda ,kehadiran gadis asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara diminta sebagai pembicara diskusi dengan para mahasiswa. Acara khusus.bertema berbincang bersama Erin.

Perempuan berusia 15 tahun ini banyak cerita menarik. Diantaranya, bisa jadi juara internasional tidak ujuk-ujuk ( mendadak) tetapi ada tahapan upaya dilalui serta ada jurusnya.

Menurut Erin, agar bisa menjaga suara tetap bagus dan panjang saat mengaji, berlatih selalu baca alquran minimal setiap hari.Jangan makan gorengan berlebihan dan jangan makan es

Selanjutnya Erin cerita, mulai belajar membaca Alquran umur 4 tahun dan belajar tilawah mulai kelas dua sekolah dasar (SD). Berkat ketekunan belajar Alquran, mulai kelas tiga SD ikut MTQ, dan alhamdulillah raih juara.Hingga kini ,Alhamduililah sudah banyak menyabet prestasi. ” Mulai  tingkat kecamatan, kabupaten ,provinsi,nasional dan internasional,” ujarnya.

Ditambahkannya, baru-baru ini, tahun 2022 di Sumatra Utara meraih juara 1 cabang tilawah anak-anak putri. Pada tahun 2023 ,MTQ ke 39 di Kalimantan Selatan juga berhasil meraih juara 2 cabang tilawah anak-anak putri dan masih tahun 2023 juga meraih juara 1 tingkat nasional di Jambi

Eri juga memberikan motivasi dan kiat belajar mengaji bagi para mahasiswa Yarsi . Belajar ngaji itu modal pertamanya semangat. Latihan setiap hari minimal 1 halaman dan jangan  jadi beban.  ”Belajar ngaji butuh disiplin dan kejujuran dan terus mohon doa orang tua,” tutur Erin bercita-cita jadi Psikolog internasional

Sementara  Rektor Universitas Yarsi, Prof.dr.Fasli Jalal,Ph.D menyatakan, kemampuan Erin membaca Alquran sangat luar biasa. Saya yakin keluarga besar Yarsi mendengarkan lantunan Alquran akan terpukau dengan suara merdunya dan bagaimana bisa melantunkan ayat Al-Quran dengan sangat baik.

Prof Fasli sangat takjub dengan suara dan tehnik Erin membaca Al-quran dengan penggabungan beberapa irama yang jarang dimiliki pembaca alquran lain.

Selanjutnya kehadiran Erin di Universitas yarsi jadi motivasi buat seluruh mahasiswa Yarsi untuk terus menggaungkan Al-Quran dan jangan ragu untuk ikut ajang  MTQ.

Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak.Semoga mahasiswa Yarsi bisa prestasi seperti Erin,” harap Prof Fasli (Usman)